Minuman Keras

Minimarket Dilarang Jual Minuman Beralkohol, Ahok: Kami Patuh

Pemprov DKI mematuhi larangan penjualan minuman beralkohol di minimarket sesuai peraturan Kementerian Perdagangan yang mulai berlaku Kamis ini.

Minimarket Dilarang Jual Minuman Beralkohol, Ahok: Kami Patuh
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Lemari pendingin yang menyediakan berbagai jenis minuman kemasan di sebuah minimarket di Jakarta, Kamis (16/4/2015) 

WARTA KOTA, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mematuhi larangan penjualan minuman beralkohol di minimarket sesuai peraturan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang mulai berlaku Kamis (16/4/2015) ini.

"Kalau memang sudah mulai diberlakukan pada hari ini, ya pasti kami patuhi aturan tersebut. Kami kan memang harus ikut aturan," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis.

Pria yang akrab disapa Ahok itu pun mengaku tidak khawatir apabila aturan tersebut berdampak terhadap penerimaan Pemprov DKI, terutama dari sektor pariwisata yang sebelumnya diprediksi akan mengalami penurunan.

"Tidak juga. Kami tidak ada masalah atau pun merasa khawatir dengan penurunan pendapatan Pemprov DKI setelah pelarangan penjualan minuman beralkohol di minimarket itu diterbitkan," ujar Basuki.

Meskipun demikian, dia mengaku tetap mengkhawatirkan akan terjadinya penjualan minuman beralkohol secara ilegal atau tanpa izin di tengah masyarakat.

"Justru permasalahan yang sangat mengkhawatirkan itu kalau sampai terjadi penjualan minuman beralkohol secara ilegal di lingkungan permukiman warga," tutur Basuki.

Oleh karena itu, mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan untuk mencegah agar tidak terjadi penjualan minuman beralkohol secara ilegal maka perlu dilakukan pengawasan sekaligus penegakan hukum.

Mulai Kamis (16/4/2015) ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah resmi melarang penjualan minuman beralkohol atau bir di minimarket melalui Permendag Nomor 6/M-DAG/PER/1/2015.

Dengan diterbitkannya aturan tersebut, maka selanjutnya minuman beralkohol nantinya hanya akan dijual di supermarket dan hypermarket dengan sejumlah persyaratan khusus. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved