Razia Minuman Keras

Peredaran Minuman Beralkohol Golongan A Untuk Minimarket dan Pengecer

Peredaran minuman beralkohol golongan A secara resmi tidak boleh diperjualbelikan di mini market dan pengecer pada Kamis (16/4/2015).

Peredaran Minuman Beralkohol Golongan A Untuk Minimarket dan Pengecer
Warta Kota/Bintang Pradewo
Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Perdagangan (KU‎MKMP) DKI Jakarta, Joko Kundaryo 

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA - Peredaran minuman beralkohol golongan A secara resmi tidak boleh diperjualbelikan di mini market dan pengecer pada Kamis (16/4/2015).

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Mendag) nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang pengendalian, peredaran dan penjualan minuman beralkohol.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Perdagangan (KU‎MKMP) DKI Jakarta, Joko Kundaryo menuturkan pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada mini market yang ada di seluruh Indonesia.

Namun, kesulitannya adalah ketika penjualan minuman beralkohol di golongan A di tingkat pengecer.

Karena, perizinan penjualan minuman beralkohol di pengecer bukan berada di bawah Dinas KUMKMP. Sehingga, beberapa aparat pemerintah kota administrasi di lima wilayah diminta untuk ikut mengawasinya.

"Kalau mini market perizinan dan ada tanda daftar perusa‎hannya bisa ditindak kalau membandel," kata Joko di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (15/4/2015).

Menurutnya untuk penjualan eceran ada di tingkat ke wilayahan. Sehingga, itu adalah wewenang Camat dan Lurah sekitar. "Semua harus bertindak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri terkait peredaran minuman beralkohol itu," ucapnya.

Dia mengaku tidak memiliki data jumlah minib market yang ada di Jakarta. Data itu ada di Biro Perekonomian Pemprov DKI. Untuk Dinas KUMKMP hanya mengawasi soal komoditasnya saja.‎

Sehingga, kalau masih membandel, Dinas KUMKMP akan segera menindak tegas mini market-mini market itu.

"Tahapan sudah kita lakukan seperti memberi informasi dan sosialisasi. Kalau ada yang melanggar kamii berikan peringatan. Jika masih bandel, tentu Satpol PP akan mengambil barangnya," ungkapnya.

Namun, bagi penikmat minuman beralkohol golongan A tidak usah khawatir. Karena penjualan tetap bisa dilakukan di super market dan hyper market. Namun, harus di bawa pulang dan tidak dikonsumsi di sana.‎

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved