Penertiban Bangunan Liar

Demi Normalisasi, Bangunan di Pinggir Kali Jambaludin Dibongkar

Nantinya kali akan dinormalisasi untuk kembalikan fungsinya, sementara sisi kali dijadikan jalan inspeksi

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sejumlah petugas dan warga RT 05/RW 02 Kelurahan Rawa Teratai, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Minggu (12/4) membereskan 71 bangunan semi permanen yang ada di pinggir Kali Jambaludin. Hal itu dilakukan demi normalisasi fungsi Kali Jambaludin. 

WARTA KOTA, CAKUNG - Petugas gabungan dari Satpol PP dan Sudin Tata Air Jakarta Timur bersama warga RT 05 dan 06 /RW 02 Kelurahan Rawa Teratai, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur menertibkan bangunan semi permanen yang ada di pinggir Kali Jambaludin, Minggu (12/4).

Adapun bangunan yang ditertibkan terdiri dari belasan WC umum, gudang dan tempat tinggal. Bangunan itu menempati lahan sisi kali selebar tiga meter dan sepanjang 800 meter.

Hal itu dilakukan guna normalisasi Kali Jambaludin. Pasalnya kali yang airnya kini berwarna hitam itu, tidak lagi berfungsi dengan optimal mengingat kondisinya sekarang ini.

"Nantinya kali akan dinormalisasi untuk kembalikan fungsinya, sementara sisi kali akan dijadikan jalan inspeksi untuk menambah akses jalan," ucap Ali Murtadho, Camat Cakung, Minggu (12/4).

Ali menambahkan bangunan yang dibongkar di pinggir kali, tidak mendapatkan ganti rugi. Pasalnya bangunan tersebut berdiri bukan pada peruntukannya.

"Enggak ada ganti rugi, kesadaran aja karena bangunan mereka kan berada bukan pada tempatnya," ucapnya.

Khusus mengenai keberadaan WC umum, Ali menjelaskan warga sudah memiliki fasilitas tersebut di rumahnya masing-masing. Jika pun ada yang belum, warga bisa memanfaatkan WC umum yang ada di Terminal Pulogadung.

"Sesungguhnya WC umum udah ada di Terminal Pulogadung, dan juga sudah dtanya ke ibu RW terkait air bersih dimana warga udah pakai PAM dan air tanah yang bagus. WC umum itu juga justru digunakan para pemulung bukan warga," tutupnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved