Breaking News:

Ujian Nasional

Mendikbud: Akurasi Ujian Nasional CBT Lebih Terjamin

Anies Baswedan menyebutkan melalui pelaksanaan ujian nasional computer based test, keakurasian lebih terjamin.

Editor: Dian Anditya Mutiara
Tribunnews.com/Dany Permana
Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014) 

WARTA KOTA, DEPOK - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyebutkan melalui pelaksanaan ujian nasional computer based test (CBT), keakurasian lebih terjamin.

Anies yang ditemui saat meninjau pelaksanaan gladi bersih UN CBT di SMAN 1 Kota Depok, Kamis (2/4/2015) pagi mengatakan, dengan komputer, ujian bisa lebih mudah menghindari kebocoran soal.

"Dengan pelaksanaan CBT, jauh lebih mudah mengantisipasi kebocoran soal. Misalnya sebelum ujian diketahui ada kebocoran soal, maka perubahan bisa dilakukan dengan cepat. Caranya gampang, kita hanya tinggal memunculkan soal lain," kata Anies pada media.

Sementara, ia membandingkan, jika menggunakan kertas (paper based test), maka saat ada kebocoran soal UN, proses pencegahan tidak bisa cepat dilakukan.

"Kalau pakai kertas dan bocor sulit ditanggulangi karena untuk ganti soal, percetakan tidak bisa cepat, yang mengerjakan dimana, cetaknya di daerah lain. Sementara kalau komputer, soal semuanya sudah ada di komputer, hanya tinggal memunculkan variasi soal lain," jelasnya.

Selain itu, akurasi yang dimaksud oleh pelopor Gerakan Indonesia Mengajar itu misalnya dalam pengerjaan soal yang diberi waktu dua jam. Dua jam yang dimaksud Anies, siswa mulai mengerjakan berdasarkan waktu yang tertera pada masing-masing komputer, bukan waktu mulai ujian yang disebutkan pengawas.

Tidak hanya itu, Anies mengatakan, para peserta UN tidak perlu khawatir karena sistem UN CBT sudah dirancang untuk merekam semua yang dikerjakan siswa. Sehingga, apabila ada kendala seperti komputer hank, pekerjaan siswa sudah tersimpan dan tidak berkurang waktunya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved