Liga Indonesia

Nil Belajar Filosofi Hidup dari Tokoh Nasional

Menurut Nil, perubahan hidup seorang manusia bisa berdasarkan buku yang dibaca.

Nil Belajar Filosofi Hidup dari Tokoh Nasional
Tribunnews.com
Nil Maizar 

WARTA KOTA, PALMERAH - Pelatih Semen Padang FC, Nil Maizar belajar filosofi hidup melalui buku-buku biografi tokoh-tokoh nasional.

Bagi Nil, membaca buku biografi tokoh-tokoh nasional akan bermanfaat, karena banyak hal positip yang bisa diambil dan diaplikasikan sehari-hari.

"Saya senang membaca buku-buku biografi tokoh-tokoh nasional, seperi Soekarno, Bung Hatta, Jendral Soedirman, dan lain-lain. Banyak hal luar biasa yang bisa ditiru dari mereka untuk kehidupan kita sehari-hari," kata Nil kepada Super Ball, Rabu (1/4).

Nil mengatakan, banyak filosofi hidup tokoh-tokoh bangsa itu yang mengesankan, seperti kedisiplinan dari Muhammad Hatta.

"Muhammad Hatta selalu menjaga kedisiplinan. Beliau akan meminum obat sesuai jam pertama kali minum. Jika diawali minum obat jam 09.00, maka beliau akan meminum tiap harinya tiap jam 09.00," ucap Nil.

Muhammad Hatta juga sosok negarawan yang sederhana.

"Dari buku biografinya diceritakan, saat naik andong, pengendara andong tidak menyadari bahwa penumpangnya adalah Muhammad Hatta. Meski namanya besar, namun beliau tidak sombong dan tetap sederhana," ujar Nil.

Jenderal Soedirman, pejuang yang rela mengorbankan jiwa raganya demi bangsa, juga mengesankan bagi Nil.

"Beliau yang sedang sakit rela berperang dengan mengorbankan jiwa dan raga demi bangsa dan rakyat Indonesia. Tokoh seperti ini sudah sulit ditemukan saat ini," terang Nil.

Soekarno, sang proklamator, juga menjadi sosok yang menjadi panutan Nil.

"Soekarno juga berjuang demi bangsa, sampai rela dibuang oleh Belanda dan Jepang. Semuanya dilakukan demi kemerdekaan," ucap Nil.

Dari biografi tokoh nasional itu, Nil bisa mengambil hikmah, yaitu hidup adalah perjuangan. Manusia memang harus berjuang demi hidup.

"Orang yang bisa hidup dalam arti sesungguhnya hanya untuk orang yang mau berjuang. Kedisiplinan, kesederhanaan, dan keihlasan dalam hidup menjadi tauladan dan filosofi hidup yang saya gunakan sehari-hari, " tutur Nil.

Bahkan menurut Nil, perubahan hidup seorang manusia bisa berdasarkan buku yang dibaca.

"Perubahan hidup kita pada 4 atau 5 tahun ke depan berdasarkan dari buku yang dibaca. Kita ingin menjadi apa ke depan berdasarkan buku apa yang kita baca. Kita bisa mengambil hikmah dari buku yang kita baca. Hikmah itulah yang akan dijadikan dasar kita untuk langkah ke depan," papar Nil. (Get)

Penulis: Sigit Nugroho
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved