Breaking News:

Praperadilan KPK

Suryadharma Ali Optismis Tak Seperti Sutan Bathoegana

Kubu bekas Menteri Agama, Suryadharma Ali, optimis kasusnya tidak akan bernasib seperti perkara Sutan Bathoegana.

Penulis: | Editor: Suprapto

WARTA KOTA, PALMERAH— Kubu bekas Menteri Agama, Suryadharma Ali, optimis kasusnya tidak akan bernasib seperti perkara bekas Ketua Komisi VII DPR RI, Sutan Bathoegana.

Keduanya sebenarnya sama-sama mengajukan gugatan praperadilan. Namun, nasib gugatan Sutan dipastikan gugur lantaran KPK sudah melimpahkannya ke tahap penuntutan.

"Pak Surya belum pernah diperiksa sebagai tersangka dalam kasus beliau. Jadi berkas belum bisa dinyatakan lengkap untuk dilimpahkan ke pengadilan jika belum ada BAP (Berita Acara Pemeriksaan) tersangka," ujar kuasa hukum Suryadharma, Andreas Nahot Silitonga, melalui pesan singkat, Senin (30/3/2015).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu sebenarnya sudah dua kali dipanggil KPK. Namun, Suryadharma tidak pernah hadir dan beralasan sakit dan berdalih sedang dirawat di rumah sakit.

Gugatan Suryadharma akan disidangkan untuk pertama kalinya hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Suryadharma Ali ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi dalam penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama tahun 2012-2013. Dia disangka melanggar Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana juncto Pasal 65 KUHPidana.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved