Earth Hour

Besok Malam Jalan Jakarta Timur Gelap Gulita 1 Jam

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan melakukan pemadaman lampu selama satu jam dari pukul 20.30 - 21.30, Sabtu (28/3).

Besok Malam Jalan Jakarta Timur Gelap Gulita 1 Jam
Istimewa
Kampanye Earth Hour dan Spider-Man 

WARTA KOTA, PALMERAH— Memperingati Earth Hour ke-7 di Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan melakukan pemadaman lampu selama satu jam dari pukul 20.30 - 21.30 WIB, pada hari Sabtu (28/3) besok.

Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur, Tuti Kurnia menjelaskan bahwa hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya hemat energi. Terlebih Pemprov DKI Jakarta sangat mendukung kampanye hemat energi tersebut.

"Kegiatan Earth Hour ini bertujuan untuk menghimbau masyarakat dunia agar menghemat energi bumi yang ada. Kan energi tersebut kian hari kian menipis," katanya, Jumat (27/3).

Untuk itu Tuti menjelaskan, pihaknya nanti akan melakukan pemadaman lampu PJU (penerangan jalan umum) di beberapa lokasi seperti yang ada di dekat kantor walikota hingga sepanjang KBT (kanal banjir timur).

"Ada tujuh lokasi lampu PJU yang akan dipadamkan selama satu jam yaitu sepanjang KBT sisi kanan dan kiri, Jalan Pemuda, Jalan Matraman Raya, Jalan Otista Raya, Jalan MT Haryono, halaman Kantor Walikota Jakarta Timur dan Jalan Dr. Sumarno," ujarnya.

Tuti menambahkan dari ketujuh lokasi yang disebutkan, nantinya akan ada 1.884 lampu PJU yang dipadamkan. Pemadaman lampu selama satu jam tersebut, diharapkan memberikan dampak penghematan yang cukup lumayan.

"Total jumlah watt lampu yang dipadamkan yaitu 501.270 watt atau setara 501,27 Kw. Untuk penghematan yang dilakukan setelah dipadamkan selama 1 jam, sebesar Rp 701.778," kata Tuti.

Adapun 1.184 lampu PJU yang akan dimatikan berada di sepanjang KBT sisi kanan dan kiri, Kecamatan Duren Sawit sebanyak 1.174 buah. Kemudian di Jalan Pemuda Kecamatan Pulogadung (152 lampu PJU), Jalan Dr. Sumarno Kecamatan Cakung (136 lampu PJU), Jalan Matraman Raya Kecamatan Matraman (120 lampu PJU), halaman Kantor Walikota Jakarta Timur (116 lampu PJU), Jalan MT Haryono Kecamatan Kramatjati (78 lampu PJU), Jalan Otista Raya Kecamatan Jatinegara (10 lampu PJU).

Sebelumnya berdasarkan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 43 Tahun 2015 tentang Pemadaman Lampu Pada Pelaksanaan Kampanye Earth Hour 2015, akan dilakukan pemadaman lampu pada bangunan atau gedung kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semalam satu jam. Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana pun mengajak warga untuk ikut berpartisipasi.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved