Harga Komoditi Cabe dan Bawang Putih Impor Masih Stabil

Sejumlah komoditi sayuran dan bumbu-bumbuan lainnya di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, juga masih stabil

Penulis: | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Ichwan Chasani
Pedagang cabe di Pasar Induk Kramat Jati. 

WARTA KOTA, KRAMAT JATI - Selain komoditi bawang merah, sejumlah komoditi sayuran dan bumbu-bumbuan lainnya di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur masih stabil dari sisi harga dan pasokannya.

Karno (48), pedagang di los H/133 mengatakan, sudah sekitar dua bulan terakhir, harga cabe rawit merag bertahan di kisaran Rp27.000-Rp28.000 per kilogram. Sementara cabe rawit hijau dan cabe rawit putih, dijual dengan harga sama, Rp10.000 per kilogram.

"Sudah 1-2 bulan ini stabil harganya. Mahalnya ntar kalau bulan Juni-Juli, waktu menjelang puasa. Barangnya kurang buat rebutan dimana-mana," tuturnya, Senin (16/3).

Selain menjual cabe dalam bentuk utuh, Karno juga melayani penjualan cabe yang sudah dipetik tangkainya. "Kalau orang restoran kan nggak mau metik sendiri, kita kasi ongkos petik Rp2.000 perkilo," kata Karno.

Keterangan Karno dibenarkan Hasanudin, pembeli asal Kalisari, Cibubur, Jakarta Timur. Selain kedua jenis cabe tersebut, harga cabe merah keriting juga stabil di kisaran Rp15.000 per kilogram.

Hasanudin membeli 10 kilogram cabe merah keriting itu untuk dijualnya kembali secara eceran di rumah. "Segitu paling habisnya dua hari, jualnya kalau eceran ya sekitar Rp17.000-Rp20.000," imbuhnya.

Selain komoditi cabe, harga bawang putih juga masih stabil. Rasad, salah satu pedagang partai besar mengatakan, harga bawang putih impor dari China tidak terpengaruh kenaikan kurs dolar.

"Harga bawang putih impor China masih sama, Rp12.300 per kilogram, nggak ada pengaruh kurs Dollar. Paling kemarin naik Rp200-Rp300 mah masih wajar," tuturnya.

Di sub agen, harga bawang putih kating kualitas bagus juga stabil Rp15.000 per kilogram, sementara bawang putih bungkul Rp14.000 per kilogram. "Harga bawang putih masih stabil, kemiri juga stabil Rp25.000 per kilo," kara Riki (24), penjaga toko Niko. (Ichwan Chasani)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved