Ujian Nasional Online

Sekolah yang UN Online Pusing Tak Punya UPS

Kepala sekolah sejumlah SMK negeri di Jakarta yang siswanya bakal menjalani Ujian Nasional (UN) Online pusing.

Sekolah yang UN Online Pusing Tak Punya UPS
Warta Kota/angga bhagya nugraha
ILUSTRASI - Siswa kelas XII SMAN 1 Budi Utomo, Jakarta Pusat, keluar ruangan seusai mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia, Senin (14/4/2014). Peserta UN tingkat SMA/SMK di Jakarta sebanyak 119.879 orang. Jumlah tersebut terdiri dari siswa SMK negeri sebanyak 13.558 orang, SMK swasta 51.551 orang, SMA negeri 28.959 orang dan SMA swasta 25.811 orang. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA - Kepala sekolah sejumlah SMK negeri di Jakarta yang siswanya bakal menjalani Ujian Nasional (UN) Online pusing. Mereka khawatir apabila listrik mati saat UN, maka ujian bakal terganggu. Sebab, siswa yang telat menyimpan data mesti mengerjakan soal UN dari awal.

"Kalau punya alat UPS (uninterruptible power supply) pasti aman," kata Kepala SMKN 6 Jakarta, Sudiono kepada Warta Kota, Jumat (13/3/2015).

Makanya dalam waktu dekat Sudiono bakal mengirim surat ke PLN. Dia ingin meminta agar saat UN berlangsung pasokan PLN ke SMKN 6 jangan sampai terputus.

Dari data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, ada 24 SMK negeri di Jakarta yang bakal dicoba menggunakan sistem UN online tahun 2015 ini. Namun dari 24 sekolah itu hanya lima sekolah saja yang memiliki alat UPS. Sisanya tak memiliki UPS, sehingga pusing apabila listrik PLN sampai mati saat UN berlangsung. Lima sekolah yang memiliki UPS itu berada di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat.

Sementara itu, pengadaan UPS sendiri sekarang sedang menjadi kasus di Polda Metro Jaya. Diduga pengadaan UPS pada tahun 2014 lalu dikorupsi.

Kasus dugaan korupsi UPS ditangani Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Saat ini sudah 21 saksi yang diperiksa polisi. Namun polisi belum menetapkan satupun tersangka.

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved