Pemekaran Polsek di Depok Butuh Lahan

Kapolresta Kota Depok Kombes Ahmad Subarkah mengakui pemekaran polsek di Kota Depok memang sudah dibutuhkan.

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Fraksi Golkar DPRD Depok kunjungi Mapolresta Depok, Jumat (6/3/2015) pagi dan beri apresiasi ke jajaran Mapolresta Depok dalam atasi begal motor. 

WARTA KOTA, DEPOK - Kapolresta Kota Depok Kombes Ahmad Subarkah mengakui pemekaran polsek di Kota Depok memang sudah dibutuhkan.

Namun kata Ahmad pengajuan adanya pemekaran atau penambahan Kantor Polsek harus dilakukan ke Mabes Polri jika sudah memenuhi sejumlah syarat yang ada.

Selain syarat belum adanya Kantor Polsek di tingkat kecamatan, pengajuan pemekaran Polsek juga harus memenuhi syarat kepemilikan lahan.

Di antaranya, kata Ahmad, lahan yang ada harus dimiliki oleh Polres setempat.

"Kalau lahannya sudah milik Polres setempat, maka bisa diajukan ke Polri sehingga nanti untuk bangunannya akan didanai Mabes Polri," kata Ahmad saat menerima kunjungan Fraksi Golkar DPRD Depok, Jumat (6/3/2015).

Jika hal ini tidak bisa, kata Ahmad, pemekaran Polsek diajukan jika ada lahan dan bangunan milik pemerintah kota setempat yang bersedia dipinjamkan.

"Kalau dipinjamkan, harus sekaligus lahan dan bangunan. Maka pengajuan adanya Polsek bisa dilakukan. Kalau hanya lahan yang dipinjamkan, sementara bangunan tidak ada, maka pengajuan tidak akan di penuhi atau Polri tak akan turunkan anggaran untuk bangunan. Kecuali jika lahan sudah dimiliki Polres setempat," kata Ahmad.

Ia mengatakan untuk Polsek yang lahan dan bangunannya dipinjamkan, di wilayah Kota Depok terjadi di Polsek Sukmajaya. "Dimana lahan dan bangunannya memang dipinjamkan," kata dia.

Ia mengatakan saat ini ada 7 Polsek di bawah wilayah Kota Depok. Satu polsek adalah Polsek Bojonggede di wilayah Bogor yang di BKO- kan di bawah wilayah Polresta Depok.

Ini berarti ada 6 Polsek untuk melayani dan menjangkau 11 Kecamatan yang ada.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved