Ini Wajah-wajah Baru Orang Terkaya di Dunia

Sejumlah wajah baru menghiasi daftar orang terkaya di dunia tahun 2015 yang dirilis majalah Forbes, Senin (2/3/2015).

Ini Wajah-wajah Baru Orang Terkaya di Dunia
AFP/Scott Halleran
Michael Jordan masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia 2015 versi majalah Forbes. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Sejumlah wajah baru menghiasi daftar orang terkaya di dunia tahun 2015 yang dirilis majalah Forbes, Senin (2/3/2015).

Setidaknya 290 wajah miliarder baru masuk dalam 1.862 miliarder yang dinobatkan sebagai orang-orang terkaya di planet Bumi ini.

Tiongkok mendominasi wajah baru para miliarder tersebut, dengan menyumbang 71 orang. Kemudian Amerika Serikat 57 orang. Diikuti India dengan 28 orang, lalu Jerman dengan 23 orang.

Tahun lalu, dari 268 wajah baru, AS menjadi kontributor utama dengan 50 orang, diikuti dengan Tiongkok 37 orang, Jerman dengan 26 orang dan Brazil, 23 orang.

Tahun ini, wajah baru yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia tersebut, antara lain, mantan bintang bola basket NBA Michael Jordan. Pebasket yang pada masa jayanya memperkuat Chicago Bulls ini memiliki harta 1 miliar dollar AS atau setara Rp 12,9 triliun (kuris 1 dollar AS=Rp 12.900).

Jordan memperoleh kekayaannya berkat kepemilikan saham klub bola basket AS Charlotte Bobcats dan nilai sponsor dari aparel olahraga ternama, Nike.

Selain Jordan, para pendatang baru ini terentang dari usia yang paling muda, yakni berusia 24 tahun (Evan Spiegel, co-founder jasa layanan pesan singkat, Snapchat) hingga 97 tahun (Maria Franca Fissolo, pewaris merk dagang selai coklat ternama, Nutella).

Mereka tersebar dari 6 benua dan menjadi kaya di sejumlah industri. Mulai dari perjudian, videogames, minuman keras (miras), kacang kedelai, bursa efek, dan teknologi.

Usaha berbagi tumpangan, yaitu Uber kini bernilai 41,2 miliar dollar AS, yang mana menempatkan perintisnya, Travis Kalanick dan Garret Camp, serta pegawai pertamanya, Ryan Graves masuk ke dalam daftar orang terkaya dunia ini.

Selain itu ada juga sejumlah pendatang dari industri teknologi lainnya seperti co-founder jasa layanan pesan singkat, Whatsapp dan Jan Koum dan Brian Acton. Kemudian Chief Operating Office (CEO) Facebook, Sheryl Sandberg.

"Di samping semua pendatang ini, di papan atas tampaknya komposisinya masih sama saja dari tahun ke tahun," kata Jonathan Wai, peneliti bidang psikologi asal Universitas Duke, Amerika Serikat.

Buktinya, co-founder Microsoft, Bill Gates tetap bertengger sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan, 79,2 miliar dollar AS. Diikuti dengan pengusaha ternama asal Meksiko Carlos Slim dengan kekayaan 77,1 miliar dollar AS.

Sedangkan di posisi ketiga dan keempat ditempati oleh investor asal AS, Warren Buffett (72,7 miliar dollar AS) dan pengusaha retil asal Spanyol, Amancio Ortega (64,5 milias dollar AS).

Berikut 10 wajah baru yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia 2015:
1. Travis Kalanick (5,3 miliar dollar AS)
Sumber kekayaan: Co Founder jasa layanan kendaraan, Uber
2. Elizabeth Holmes (4,5 miliar dollar AS)
Sumber kekayaan: Pendiri perusahaan cek darah, Theranos
3. Tatiana Casiraghi (2,2 milias dollar AS)
Sumber kekayaan: pewaris SABMiller (Perusahaan Bir dunia)
4. Dan dan Don "Bubba" Cathy (3,2 miliar dollar AS/orang)
Sumber kekayaan: restoran cepat saji Chick-fil-A (ditemukan oleh ayah mereka)
5. "Brian" Kim Bum-Soo (2,9 miliar dollar AS)
Sumber kekayaan: Pendiri jasa layanan pesan singkat, Kakaotalk
6. Douglas Leone (2,2 miliar dollar AS)
Sumber kekayaan: rekan bisnis di perusahaan venture capital, Sequoia Capital
7. Russ Weiner (2,1 miliar dollar AS)
Sumber kekayaan: Pendiri perusahaan minuman berenergi, Rockstar.
8. Brian Chesky (1,9 miliar dollar AS)
Sumber kekayaan: Pendiri jasa penyewaan rumah dan kamar, Airbnb.
9. Bill Haslam (1,9 miliar dollar AS)
Sumber kekayaan: Pewaris perusahaan pemberhentian truk-truk, Flying J dan saat ini menjabat sebagai Gubernur Tennessee, AS
10. Evan Spiegel dan Bobby Murphy (1,5 miliar dollar AS/orang)
Sumber kekayaan: Pendiri layanan pesan singkat, Snapchat

Editor: Lucky Oktaviano
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved