Sengketa Lahan

Kemensos Berikan Toleransi Penyewa Gedung Cawang Kencana

Kejari Jakarta Timur telah melakukan eksekusi terhadap Gedung Cawang Kencana di Jalan Letjen Sutoyo Kavling 22, Kramatjati, Kamis (26/2/2015).

Kemensos Berikan Toleransi Penyewa Gedung Cawang Kencana
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Gedung Cawang Kencana yang dieksekusi Kejari Jakarta Timur, Kamis (26/2). 

WARTA KOTA, KRAMATJATI - Kejaksaan Negeri Jakarta Timur telah melakukan eksekusi terhadap Gedung Cawang Kencana yang berada di Jalan Letjen Sutoyo Kavling 22, Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (26/2/2015).

Lahan seluas 7.902 m2 berikut bangunannya itu, kini dikembalikan kepada Kementerian Sosial sebagai pemiliknya yang sah setelah sebelumnya dikuasai Mayjen TNI (Purn) Moerwanto Soeprapto.

Khusus terhadap 28 penyewa yang menempati gedung, hal itu merupakan kasus perdata antara penyewa dengan pemberi sewa. Putusan kasus pidana ini tidak ada kaitannya dengan penyewa. Persoalan perdata yang timbul akibat putusan ini, diserahkan kepada Kemensos sebagai pemilik lahan untuk menyelesaikannya.

Sekjen Kemensos, Toto Budi Utomo Santoso mengatakan pihaknya akan memberikan toleransi kepada 28 penyewa gedung. Kemensos akan membiarkan mereka hingga masa sewanya habis.

"Yang pasti kami tidak akan merugikan penyewa. Tidak ada pemutusan penyewaan selama belum habis masa waktunya. Termasuk untuk pesta pernikahan, tidak akan diputuskan begitu saja. Kita akan kasih toleransi sampai Desember mendatang," katanya, Kamis (26/2/2015).

Namun apakah kedepannya akan diperpanjang atau tidak, Toto belum bisa memastikan. Ia menjelaskan pihaknya masih harus menggelar rapat pimpinan di Kemensos sebelum mengambil keputusan tersebut.

"Untuk hal-hal lain, kami akan menggelar rapat pimpinan terlebih dulu di Kemensos," tutup Toto.

Sekadar informasi, akibat perbuatan Mayjen TNI Moerwanto Soeprapto, negara dirugikan Rp 148 miliar. Kejari Jakarta Timur pun menahan Mayjen TNI Moerwanto Soeprapto pada 16 Desember 2014 silam di LP Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved