Lahan Ilegal

Kejari Jakarta Timur Eksekusi Gedung Cawang Kencana

Kini lahan dan bangunan tersebut dikembalikan kepada Kementerian Sosial sebagai pemilik yang sah.

Kejari Jakarta Timur Eksekusi Gedung Cawang Kencana
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Gedung Cawang Kencana yang dieksekusi Kejari Jakarta Timur, Kamis (26/2). 

WARTA KOTA, KRAMATJATI - Kejaksaan Negeri Jakarta Timur melakukan eksekusi terhadap Gedung Cawang Kencana yang berada di Jalan Letjen Sutoyo Kavling 22, Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (26/2).

Lahan yang memiliki luas 7.902 m2 berikut bangunannya itu, semula dikuasai Mayjen TNI Purn Moerwanto Soeprapto dengan cara yang tidak sah. Namun kini lahan dan bangunan tersebut dikembalikan kepada Kementerian Sosial sebagai pemilik yang sah.

Eksekusi yang dikawal ketat puluhan anggota TNI/Polri dan Satpol PP itu berjalan lancar. Pihak Kejari Jakarta Timur membacakan putusan MA dengan nomor 1504/2014 di hadapan Sekjen Kemensos, Toto Budi Utomo Santoso serta 28 penyewa gedung.

Usai membacakan putusan, pihak Kejari Jakarta Timur langsung menyerahkan surat-surat bukti kepemilikan tanah kepada Kemensos. Kasie Intel Kejari Jakarta Timur, Asep Sontani mengatakan bahwa Mayjen TNI Moerwanto Soeprapto menguasai lahan dan bangunan itu sejak tahun 1999.

"Penguasan lahan menggunakan Yayasan Citra Handadari Utama. Selain itu, gedung berlantai 7 tersebut disewakan kepada 28 penyewa dan uangnya diambil yayasan. Setiap penyewa membayar Rp 71 jutaan setiap bulannya," kata Asep, Kamis (26/2).

Asep menegaskan bahwa keputusan tersebut sudah memiliki dasar hukum tetap sehingga bisa segera dilakukan proses eksekusi. Alhasil permasalahan yang sebelumnya menimpa gedung tersebut kini telah selesai.

"Putusan MA ini sudah incrah atau memiliki kekuatan hukum tetap dan tidak ada upaya hukum lagi bagi terdakwa sehingga lahan dan gedung ini dikembalikan kepada Kemensos RI. Dengan demikian proses penegakan hukum kasus Gedung Cawang Kencana kini sudah selesai," kata Asep.

Sekadar informasi, akibat perbuatan Mayjen TNI Moerwanto Soeprapto, negara dirugikan Rp 148 miliar. Kejari Jakarta Timur pun menahan Mayjen TNI Moerwanto Soeprapto pada 16 Desember 2014 silam di LP Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved