Banjir Jakarta

Pertigaan Jalan Swadarma Selalu Tergenang Air Setinggi 50 Cm

Pertigaan Jalan Swadarma, Pesanggrahan, Jakarta Selatan selalu tergenang hingga 50 centimeter setiap hujan lebat turun.

Pertigaan Jalan Swadarma Selalu Tergenang Air Setinggi 50 Cm
Warta Kota/Bintang Pradewo
Pertigaan Jalan Swadarma, Pesanggrahan, Jakarta Selatan saat hujan lebat membuat kawasan itu selalu tergenang hingga 50 centimeter. 

WARTA KOTA, PESANGGRAHAN - Pertigaan Jalan Swadarma, Pesanggrahan, Jakarta Selatan merupakan sebuah jalan yang menjadi akses warga yang berada di kota penyanggah Tangerang untuk menuju Ibukota Jakarta. Namun, karena hujan lebat yang lebat membuat kawasan itu selalu tergenang hingga 50 centimeter.

Hal itu berdampak kepada terputusnya akses jalan dari arah Kebon Jeruk, Srengseng, Jakarta Barat dan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ‎menuju ke Ciledug, Tangerang. Ataupun, arah sebaliknya. Puluhan kendaraan tidak bisa melintasi jalan pertigaan Swadarma karena genangan air mencapai lutut orang dewasa.

Zainal (40), ‎salah seorang tukang ojek di pertigaan Jalan Swadarma menuturkan genangan air selalu terjadi saat hujan deras. Belum lagi, kiriman air dari Bendung Katulampa, Bogor yang melintasi Kali Pesanggrahan. Hal ini membuat saluran Kali Swadama menjadi meluap dan mengenangi jalan.

"Genangan setinggi lutut kalau ujan gede. Kendaraan ngga bisa lewat karena tingginya air," kata bapak dari tiga orang anak itu di pertigaan Jalan Swadarma, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa (24/2/2015).

Pria yang sudah biasa memangkal ojek di pertigaan Swadarma selama berpuluh tahun itu, menjelaskan bahwa genangan air memang cukup tinggi. Namun, air pun cepat surut saat hujan reda. Menurutnya, penyempitan Kali bisa menjadi penyebab terjadinya genangan.

"Kalau sini tergenang (pertigaan Swadarma), maka kompleks Sangrila Indah dua pasti terendam," ungkapnya.
Apalagi, dalam dua bulan belakangan ini. Dimana curah hujan di Ibukota Jakarta sedang ekstrem-ekstremnya. Sehingga, genangan air selalu terjadi saat hujan tiba.

Pantauan Warta Kota, Kali Swadarma yang mempunyai lebar 10 meter dipenuhi endapan dan sampah yang berserakan.‎ Dinding turap kali sendiri tinggal tersisa kurang lebih 1,5 meter. Sementara itu, tali air di trotoar sendiri sudah penuh tanah dan sulit untuk air mengalir.

Akan dikeruk dan ditinggikan

Ditemui secara terpisah, Walikota Jakarta Selatan, Syamsuddin Noor mengakui bahwa pertigaan Jalan Swadarma selalu tergenang. Hal ini dikarenakan ada hambatan atau sumbatan di wilayah Utara Jalan Swadarma.

"Sampai ke arah barat nanti kalinya dibenahi dan sedimennya dibenari dan dikeruk," kata Syamsuddin.

‎Agar masyarakat bisa mengakses Jalan Pertigaan Swadarma saat hujan, kata dia, jalan raya akan ditinggikan. Untuk ketinggian sesuai dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Dia tidak mengetahui berapa ketinggian jalan yang ideal agar jalanan tidak tergenang kembali.

"L‎angkah yang dilakukan adalah peninggian jalan disesuaikan oleh PU," tuturnya.

Pihaknya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan juga akan membenahi tali air di trotoar pertigaan Jalan Swadarma. Sehingga, ketika hujan deras, air bisa mengalir dengan baik.

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved