Konsultasi

Istri Tertular HPV

Apakah selain kanker rahim, virus HPV juga dapat menimbulkan kanker lain? Mohon penjelasan dokter.

Kompas.com
SHUTTERSTOCK/Ilustrasi. 

Oleh dr Samsuridjal Djauzi

Saya sekarang berumur 32 tahun dan dinyatakan sehat. Istri berumur 28 tahun juga sehat. Pada pemeriksaan pap smear ada hasil yang abnormal. Ada kelainan dini pada leher rahim istri saya. Untuk itu, perlu dilakukan tindakan operasi ringan. Menurut dokter, kelainan pada leher rahim istri saya disebabkan oleh infeksi virus yang disebut virus HPV. Virus ini sering menginfeksi perempuan dan jika perempuan terinfeksi HPV, ada dua kemungkinan. Infeksi tersebut sembuh tetapi sebagian menjadi kronik dan jika dibiarkan dalam waktu lama (sekitar 20 tahun) dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Setelah pengobatan selesai, istri saya dianjurkan menjalani imunisasi HPV. Imunisasi ini harus dilakukan tiga kali. Saya juga dianjurkan untuk menjalani imunisasi. Jika pada perempuan imunisasi HPV bertujuan untuk mencegah penyakit kanker rahim, apa tujuan imunisasi HPV pada laki-laki? Setahu saya, laki-laki tak pernah terkena kanker rahim karena tidak mempunyai rahim. Apakah selain kanker rahim, virus HPV juga dapat menimbulkan kanker lain? Mohon penjelasan dokter. Terima kasih.

P di J

Human papilloma virus (HPV) ditemukan oleh Prof Harald Zur Hausen pada 1976. Berkat penemuan ini, Prof Zur Hausen mendapat hadiah Nobel. Penemuan virus ini amat penting karena kemudian dipahami bahwa HPV dapat menimbulkan berbagai kanker, termasuk kanker serviks. Kanker serviks merupakan kanker yang sering menimbulkan kematian pada perempuan Indonesia.

HPV juga dapat menimbulkan kanker vagina, vulva, kanker mulut, bahkan kanker penis. Jadi, tidak hanya perempuan yang perlu peduli pada infeksi HPV, laki-laki juga. Selain kanker, HPV juga dapat menimbulkan kutil kelamin, baik pada perempuan maupun laki-laki. Kutil kelamin merupakan penyakit yang sering dijumpai di masyarakat kita. Meski bukan kanker, kutil kelamin amat mengganggu. Jika diobati, sering kambuh kembali.

Sebenarnya sejak infeksi HPV sampai terjadinya kanker serviks terdapat rentang waktu sekitar 20 tahun seperti dijelaskan oleh dokter Anda. Artinya, jika peduli pada infeksi HPV, sebenarnya timbulnya kanker serviks dapat dicegah. Kita punya cukup waktu dan tersedia upaya pencegahan yang cukup efektif. Imunisasi HPV terutama bertujuan untuk mencegah kanker serviks pada perempuan dan kutil kelamin pada perempuan dan laki-laki.

Penularan dan imunisasi

Bagaimana cara penularan HPV? Penularan utama melalui hubungan seksual meski diketahui virus ini juga dapat menular melalui kontak biasa bukan hubungan kelamin. Istri yang terinfeksi HPV dapat menularkan ke suami begitu juga sebaliknya.

Kapan imunisasi HPV sebaiknya diberikan? Waktu yang paling ideal adalah siswi atau siswa yang berumur sekitar 12 tahun. Umumnya, pada usia tersebut mereka belum melakukan hubungan seksual dan keadaan kekebalan tubuhnya dalam keadaan amat baik sehingga antibodi yang timbul amat kuat untuk mencegah penularan HPV.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved