Jakarta Banjir

85 Persen Jalur Hijau di Jakut Rusak Akibat Banjir

Genangan air yang kerap terjadi membuat banyak taman dan jalur hijau rusak, khususnya di Jakarta Utara.

85 Persen Jalur Hijau di Jakut Rusak Akibat Banjir
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kerusakan di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading. 

WARTA KOTA, KRAMAT JATI - Genangan air yang kerap terjadi di wilayah Jakarta Utara pada musim penghujan seperti sekarang ini, menyebabkan banyaknya taman dan jalur hijau yang rusak di ibukota khususnya Jakarta Utara.

Pasalnya sekitar 85 persen dari total jumlah taman dan jalur hijau yang ada di Jakarta Utara mengalami kerusakan. Dari jumlah taman dan jalur hijau yang berjumlah 208 di Jakarta Utara, 177 di antaranya mengalami kerusakan.

Adapun kerusakan yang dialami taman dan jalur hijau tersebut kebanyakan masuk dalam kategori berat.

"Kita masih mendata tingkat kerusakannya. Tapi bisa dikatakan rata-rata mengalami kerusakan berat," ujar Puji Astuti, Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Utara, Kamis (19/2/2015).

Namun demikian, Tuti menjelaskan belum akan melakukan perbaikan dalam waktu dekat. Pasalnya kondisi cuaca saat ini belum memungkinkan.

Apabila diperbaiki dalam musim penghujan seperti sekarang ini, dikhawatirkan banjir kembali datang sehingga taman dan jalur hijau kembali rusak. "Paling tidak perbaikan setelah Maret. Kami tidak ingin setelah diperbaiki nantinya, kembali rusak usai diterjang banjir," katanya.

Selain mengganti tanaman dan infrastruktur yang rusak, perbaikan yang akan dilakukan pihaknya juga meliputi peninggian. Apabila itu terjadi, diharapkan taman tidak akan kembali tergenang.

Adapun taman yang mengalami kerusakaan di antaranya adalah Taman Boncel dan Betok, Kecamatan Penjaringan. Taman Yon Air, Kecamatan Cilincing. Taman Palem, Tablo, Manggar serta Taman Toar di Kecamatan Koja. Taman Jalan Bugis, Taman Karapan Sapi di Tanjung Priok.

Sementara itu kerusakan jalur hijau di antaranya terjadi di Jalan Pluit Raya, Gedong Panjang, Penjaringan, Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading dan Jalan Boulevard Sunter.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved