KPK Vs Polri

ICW Laporkan Hakim Sarpin ke Komisi Yudisial

ICW akan mengadukan hakim Sarpin Rizaldi ke KY. Laporan itu buntut atas putusan Sarpin terkait praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan.

ICW Laporkan Hakim Sarpin ke Komisi Yudisial
Wartakotalive.com/Dany Permana
Hakim Sarpin Rizaldi hendak memimpin sidang perdana praperadilan penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka pemilik rekening mencurigakan oleh KPK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (2/2/2015). Sidang tersebut ditunda sampai minggu depan karena ketidakhadiran pihak tergug 

WARTA KOTA, PALMERAH— Ketua Bidang Hukum Indonesia Corruption Watch (ICW), Emerson Yuntho, mengatakan, pihaknya akan mengadukan hakim Sarpin Rizaldi ke Komisi Yudisial (KY). Laporan itu buntut atas putusan Sarpin terkait praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan.

"Siang ini kita mau ke KY mau laporkan hakim Sarpin. Jam 1 siang (13.00 WIB)," kata Emerson di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (17/2/2015).

Hakim Sarpin merupakan hakim tunggal yang mananggani perkara praperadilan Budi Gunawan. Sarpin memutuskan bahwa status tersangka yang disematkan pada Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidaklah sah.

Emerson menuturkan, ICW memandang bahwa Sarpin harus diberikan sanksi oleh Komisi Yudisial. Alasannya kata Emerson adalah Sarpin memutuskan perkara yang di luar kewenangan undang-undang.

"Di UU KUHAP disebutkan batasan praperadilan, penemuan soal status tersangka tidak termasuk objek praperadilan," tuturnya.

Masih kata Emerson, Sarpin telah keliru memutuskan perkara yang tidak termasuk objek praperadilan. Seharusnya, Sarpin menolak permohonan Budi Gunawan sejak awal perkara tersebut diajukan.

"Seharusnya menolak sejak awal, tidak masuk ke pokok perkara," tandasnya.

Penulis: z--
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved