Jakarta Banjir

Perusahaan Asuransi Ini Terima 443 Laporan Klaim Banjir

Secara kasar kami perkirakan untuk banjir tahun ini, nilai klaim yang dibayarkan dapat mencapai Rp2 miliar, kata Direktur Utama Adira

Perusahaan Asuransi Ini Terima 443 Laporan Klaim Banjir
Kompas.com
Mobil terendam banjir di Pluit. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Sebuah perusahaan asuransi umum PT. Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), sejak Senin (9/2) telah menerima 443 laporan terkait klaim kerusakan kendaraan bermotor yang terendam banjir di wilayah DKI Jakarta.

"Hingga saat ini sudah 443 laporan. Secara kasar kami perkirakan untuk banjir tahun ini, nilai klaim yang dibayarkan dapat mencapai Rp2 miliar," kata Direktur Utama Adira Insurance Indra Baruna, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Indra menuturkan mayoritas laporan permintaan ganti rugi untuk kendaraan bermotor roda empat. Hingga Rabu ini, Indra mencatat laporan kerusakan paling banyak datang dari Kelapa Gading, Jakarta Utara, wilayah pemukiman Green Garden, Jakarta Barat, dan dari wilayah-wilayah pusat ekonomi di Jakarta yang turut terkena banjir.

"Kerusakannya rata-rata karena mobil yang terendam, dari kerusakan mesin hingga yang hanya terendam interiornya," ucap dia.

Indra memperkirakan jumlah laporan dan nilai klaim yang ditanggung Adira pada 2015 ini tidak akan sebesar saat Februari 2013, ketika banjir melanda pusat-pusat bisnis Jakarta di Jalan Sudirman dan Thamrin karena jebolnya tanggul Ciliwung, Menteng.

Saat itu, menurut Indra, Adira membayarkan klaim ganti rugi sebesar Rp5 miliar atas ribuan laporan yang masuk.

Banjir akibat curah hujan yang tinggi, kembali melanda Jakarta pada Senin hingga Rabu, hari ini.

Banjir pada Senin bahkan turut melanda kawasan ring I, Bundaran Patung Kuda, dan sebagian Jalan Medan Merdeka Utara.

Menurut BPBD DKI Jakarta hingga Selasa, total daerah yang terendam banjir di wilayah Ibu Kota mencapai 307 RW, 97 kelurahan dan 33 kecamatan.

Sebanyak 4.830 Kepala Keluarga atau 15.517 jiwa menjadi korban banjir, dan 5.986 jiwa di antaranya mengungsi di 14 lokasi. (Antara)

Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved