Breaking News:

Penganiayaan

Polisi Akan Tes Kejiwaan Dony yang Aniaya Ibunya

Unit Reserse Kriminal Polsek Pondokgede berencana akan memeriksa kejiwaan Johanes Saptono alias Dony

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dian Anditya Mutiara
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Johanes Saptono alias Dony (45) sedang menjalani pemeriksaan di Mapolsek Pondokgede, Kota Bekasi. Dony ditangkap usai menganiaya ibunya, Elizabeth Jupri (79) di rumah Komplek Rafles Bank of Tokyo Blok A 16 RT 03/14, Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi. 

WARTA KOTA, PONDOK GEDE - Unit Reserse Kriminal Polsek Pondokgede berencana akan memeriksa kejiwaan Johanes Saptono alias Dony (45) ke RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur. Pemeriksaan ini bertujuan untuk membuktikan apakah yang bersangkutan benar mengalami depresi, hingga nekat menganiaya ibu kandungnya, Elizabeth Jupri (79).

"Hari Jumat (6/2) kami akan bawa dia untuk tes kejiwaan di RS Polri. Saat ini surat pengantar dari Kapolsek sedang dibuat, setelah selesai langsung dibawa ke RS," kata Kanit Reskrim Polsek Pondokgede, AKP Untung Riswaji pada Kamis (5/2/2015).

Untung melanjutkan, hasil pemeriksaan itu akan keluar dalam waktu 1-3 hari. Hasil tersebut, kata Untung, bisa dijadikan acuan apakah yang bersangkutan bisa dihukum atau tidak. "Kalau hasilnya menunjukkan dia mengalami gangguan kejiwaan, tidak akan diproses hukumnya sesuai dengan Pasal 44 ayat 1 KUHP. Tapi kalau tidak bermasalah, akan kita jerat dengan hukum yang berlaku," ujar Untung.

Meski demikian, lanjut Untung, selama pemeriksaan si pelaku masih mampu menjawab pertanyaan penyidik dengan sadar. Keterangan yang diucapkan juga tidak berubah-ubah alias tetap konsisten dengan ucapan yang sebelumnya.

Mengenai kondisi Elizabeth, kata Untung, saat ini sudah siuman namun belum bisa dimintai keterangan. Ia berencana akan menginterogasi Elizabeth begitu kesehatannya mulai membaik. "Telinga, leher, dan kuping sudah dijahit. Bila ditotal, ada 32 jahitan," ucap Untung.

Seperti diberitakan, Dony nekat memukuli ibu kandungnya, Elizabeth Jupri (79) di Komplek Bank of Tokyo Blok A 16 RT 03/14, Jatimakmur, Pondokgede, Bekasi. Pemicunya, gara-gara Dony kerap dihina sakit jiwa oleh Elizabeth.

Akibatnya, Elizabeth harus menjalani perawatan intensif di RS St Carolus, Jakarta Pusat. Sedangkan Dony, masih menjalani pemeriksaan di Polsek Pondokgede

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved