Petugas Sita 17 Dus Apel di Kelapa Gading, Diduga Kena Bakteri

Petugas BPOM DKI Jakarta dan Dinas KUMKMP DKI Jakarta menyita 17 kardus berisi apel di sebuah toko buah di kawasan Kelapa Gading

Petugas Sita 17 Dus Apel di Kelapa Gading, Diduga Kena Bakteri
Wartakotalive/Fitriyandi Al Fajri
Petugas BPOM dan KUMKMO DKI Jakarta sita 17 kardus apel di sebuah toko di kawasan Kelapa Gading, Kamis (29/1/2015) 

WARTA KOTA, KELAPA GADING - Petugas BPOM DKI Jakarta dan Dinas KUMKMP DKI Jakarta menyita 17 kardus berisi apel di sebuah toko buah di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Kamis (29/1/2015) siang.

Penyitaan apel jenis Gala dan Granny Smith ini, salah satu upaya petugas untuk mencegah penyebaran bakteri Listeria Monocytogenes dari negara importir, Amerika Serikat.

Berdasarkan data yang dihimpun, dari 17 kardus apel yang disita, diketahui 14 dus jenis apel Gala dan 3 dus jenis apel Granny Smith. Setiap satu kardusnya, memiliki berat 18 kg. Kedua apel ini banyak diminati masyarakat untuk program diet, karena rasanya yang agak asam.

Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Joko Kundaryo, mengatakan, disitanya belasan dus apel ini, karena diduga terjangkit bakteri yang mampu menyebabkan terserangnya ginjal, jantung dan empedu manusia. "Kita masih menduga apel-apel ini ada bakteri. Karena, ini perlu dibuktikan melalui pemeriksaan di laboratorium milik BPOM. Hasilnya juga baru bisa dilihat satu minggu kedepan," kata Joko pada Kamis (29/1) di lokasi.

Setelah melakukan sidak, Joko berencana akan memanggil pihak importir buah tersebut untuk meminta keterangan. "Kami akan meminta pihak importir memberikan keterangan sudah kemana saja mereka mendistribusikan buah-buahan tersebut," katanya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved