Bimasda Depok Ajukan Dana Pelebaran Jalan ke Gubernur Jabar

Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Kota Depok mengajukan dana anggaran pelebaran Jalan Limo ke Jalan Maruyung ke Gubernur Jawa Barat.

Bimasda Depok Ajukan Dana Pelebaran Jalan ke Gubernur Jabar
Kompas.com
Ilustrasi uang rupiah. 

WARTA KOTA, DEPOK -  Dinas Bina Marga Sumber Daya Air  (Bimasda) Kota Depok mengajukan dana anggaran pelebaran jalan Limo ke Jalan Maruyung ke Gubernur Jawa Barat.

Kepala Bidang Jembatan dan Jalan Dinas Bimasda Kota Depok, Hardiman, mengatakan dengan perkiraan dana yang dibutuhkan mencapai Rp 1 trilun mulai dari pembebasan lahan hingga pengerjaan fisik, maka pihaknya tidak mungkin berharap proyek dilakukan menggunakan dana APBD Kota Depok.

"Kalau berharap dari APBD Depok, sangat kecil kemungkinannya. Makanya kami ajukan ke Gubernur Jabar, sama seperti rencana pelebaran Jalan Raya Sawangan," kata Hardiman kepada Wartakotalive.com, Kamis (29/1/2015).

Ia menjelaskan pengajuan atau pengusulan sudah dilayangkan ke Gubernur Jawa Barat pada 30 Desember 2014 lalu, bersamaan dengan pengusulan pelebaran Jalan Sawangan.

Menurutnya dana Rp 1 Trilun untuk pengerjaan fisik pelebaran dari lebar jalan sekitar 7 meter sampai 24 atau 32 meter sepanjang 5,3 km, dibutuhkan dana sekitar Rp 250 Miliar. "Itu sudah sekaligus drainase," ujarnya.

Sementara untuk pembebasan lahan warga di kiri dan kanan jalan, sekaligus sosialisasinya dibutuhkan dana sampai 3 kali lipatnya atau sekitar Rp 750 Miliar. "Jadi totalnya yang dibutuhkan sekira Rp 1 Triliun. Sementaa APBD Depok hanya Rp 2 Triliun lebih," katanya.

Hardiman, mengatakan pelebaran ruas jalan sepanjang sekitar 5,3 km tersebut mau tidak mau harus dilakukan dalam beberapa tahun ke depan ini.

Sebab, kata Hardiman, kawasan ini nantinya akan menjadi sangat ramai dan menjadi titik perlintasan kendaraan dari berbagai arah.
Sebab kata dia, di sekitar ruas jalan itu menjadi perlintasan dan simpang akhir dua buah ruas tol yang saat ini sedang dibangun dan dipersiapkan Pemerintah Pusat yakni Tol Cijago dan Tol Depok-Antasari.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved