Pencurian Bermodus Pecah Kaca Mobil Beraksi Selama 5 Menit

Dalam beraksi, Edi Yanto, bandit spesialis pencurian bermodus pecah kaca mobil, hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit.

Penulis: | Editor: Dian Anditya Mutiara
Warta Kota/Ahmad Sabran
Tersangka Edi Yanto (28) sudah ratusan kali memecahkan kaca mobil. 

WARTA KOTA, SEMANGGI - Dalam beraksi, Edi Yanto alias EY (28 tahun), bandit spesialis pencurian bermodus pecah kaca mobil, hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit.  Sebelum melakukan aksinya, EY melihat dulu apakah di dalam mobil ada barang-barang berharga, yang menjadi target sasaran.

"Setelah itu, dipecahin kaca (pakai busi). Kalau alarm di mobil berbunyi, kita lari. Pecahinnya kaca samping. Sekali ambil barang tak sampai lima menit," tutur EY di Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/1/2015).

Mobil yang menjadi incaran tersebut berada di pinggir jalan. Komplotan itu beraksi tak tentu waktu. "Waktu tidak tentu. Kalau mau ya jalan. Seminggu bisa tiga atau dua kali," tuturnya.  

Setelah mendapatkan barang, kemudian barang tersebut dijual kepada penadah yang sudah siap menampung. "Hasilnya dijual. Sudah ada penadahnya. Tidak tentu harga, tergantung barang," katanya.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Didik Sugiarto, menjelaskan, memang waktu beraksi komplotan itu tidak tentu. Namun, biasanya bergantung lokasi.

Edi tidak sendirian dalam menjalankan aksinya. Mereka berkelompok lima orang, namun baru satu yang tertangkap.

"Mereka menggunakan sepeda motor saat beraksi. Ada yang eksekusi dan ada yang mengawasi situasi. Kalau beraksi di pemukiman biasanya malam. Kalau tempat parkir umum atau pinggir jalan, siang hari. Dilihat dulu situasinya aman atau tidak," tambahnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved