Tips Sehat

Waxing Ternyata Membahayakan Kesehatan

Anda sering waxing bulu halus di tubuh? Pikir dulu deh sebelumnya, karena efeknya hanya merusak penampilan

Waxing Ternyata Membahayakan Kesehatan
Shutterstock
Mencukur bulu halus bisa dengan waxing 

WARTA KOTA, PALMERAH - Bagi sebagian perempuan, mencukur rambut halus (hair removal) sudah menjadi ritual penting untuk menjaga penampilan. Salah satu caranya dengan melakukan waxing di area-area tertentu, seperti ketiak, kaki, atas bibir, atau 'miss v'. 

Apakah Anda perempuan yang kerap memilih cara ini? Mulai sekarang, sebaiknya Anda berpikir dua kali. 
Waxing rupanya memberi khasiat yang kurang maksimal. Bahkan, teknik ini memiliki efek samping yang justru  merusak penampilan dan membahayakan kesehatan kulit.
"Waxing memang relatif lebih murah, namun waxing tidak memberi efek jangka panjang yang maksimal. Selain terasa sakit, waxing malah berpotensi membuat kulit menjadi kasar, bersisik, dan pori-pori membesar," terang Diana Kusuma, perwakilan Musee Platinum, sebuah klinik kecantikan di Central Park Jakarta yang khusus menangani hair removal.
Ia menambahkan Waxing juga berpotensi menimbulkan ingrown hair atau rambut yang gagal tumbuh lalu masuk kembali ke dalam kulit. Ingrown hair meninggalkan bekas berupa bintik-bintik kecil seperti jerawat dengan permukaan yang kasar.
"Tentu saja ini sangat mengganggu penampilan," katanya.
Pada kasus tertentu, ingrown hair juga menyebabkan rasa gatal-gatal dan kulit memerah. Selain waxing, penggunaan alat cukur biasa untuk mencukur bulu halus juga berpotensi memberi efek serupa.
Masih rela bersakit-sakitan namun hasilnya percuma?
Penulis:
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved