Rekening Gendut

Hotel Milik Anak Budi Gunawan Sepi Pengunjung

Hotel Bella di Kampung Tegal Panjang, Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (16/1/2015), terlihat sepi.

Hotel Milik Anak Budi Gunawan Sepi Pengunjung
Warta Kota/Soewidia Henaldi
Hotel Bella Campa berlokasi di Kampung Tegal Panjang, Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jumat (16/1/2015). 

WARTA KOTA, BOGOR - Hotel Bella Campa di Kampung Tegal Panjang, Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (16/1/2015) siang, terlihat sepi. Hotel itu disebut-sebut milik M Herviano Widyatama, anak Komjen Pol Budi Gunawan, yang telah dipilih secara aklamasi oleh DPR menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman.

Pantauan Warta Kota, Jumat (16/1/2015) siang, hotel yang memiliki luas sekitar 6.690 meter persegi itu tidak banyak dikunjungi tamu. Pintu gerbang besi setinggi 1,5 meter tertutup, dan hanya dibuka saat ada mobil yang masuk.

Pengunjung yang mau masuk ke Hotel Bella Campa pun harus menjalani pemeriksaan lebih dulu oleh petugas satpam. Salah satunya pemeriksaan identitas.

Informasi yang diperoleh, hotel ini hanya menerima reservasi lewat internet. Hanya pengunjung yang sudah booking yang bisa menginap di hotel yang memiliki 40 kamar lengkap dengan fasilitas kolam renang dan outbond.

"Setahu saya kantornya di Jakarta, jadi kalo mau nginep di sini harus pesennya di kantor yang di Jakarta," ujar Sukma (35), salah satu warga Desa Gadog, kepada Warta Kota.

Sukma mengatakan, meski akhir pekan hotel Bella Campa tidak selalu ramai oleh pengunjung. Kecuali, liburan anak sekolah atau tahun baru lalu."Kalau pas liburan anak sekolah sih rame, banyak bus pariwisata," kata Sukma.

Tidak kooperatif

Kepala Desa Gadog, Dedi Junaedi mengatakan, berdasarkan data di kantor desa, pemilik hotel tersebut bernama M Herviano Widyatama.

"Luasnya sekitar 3.000 meter persegi di wilayah Desa Gadog, sebagian lagi masuk wilayah Desa Pandansari. Untuk perizinan sudah pernah kami tanyakan dan jawaban orang hotel sedang diurus," ujar Dedi Junaedi.

Saat ini kata Dedi, nilai jual objek pajak (NJOP) di wilayah tersebut sebesar Rp 160.000 per meter. Namun, untuk pajak yang dibayarkan hotel tersebut tidak dikelola oleh pihak desa, melainkan melalui Unit Pelaksana Teknis Pajak IV Kabupaten Bogor.

Aswin salah seorang pegawai Desa Gadog mengaku, selama ini pihak pengelola hotel tidak pernah terbuka saat petugas bagian ekonomi Desa Gadog meminta data kepada pihak hotel.

"Mereka tidak pernah kooperatif saat petugas kami datang. Kita sudah menegur," ujar Aswin.

Kasubag Tata Usaha UPT Pajak IV Kabupaten Bogor, Kamil Syamsudin membenarkan bahwa Hotel Bella Campa tersebut atas nama M Herviano Widyatama.

"Luas tanahnya 6.690 meter persegi. Kalau besarnya pajak, kita tidak bisa menyebutkan. Tapi, mereka selalu bayar pajak ko," kata Kamil Syamsudin.

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved