Formula 1

Korea Selatan Batal Gelar Formula 1 di Tahun 2015

Otoritas balapan Formula 1 (FIA) mencoret Korea Selatan dari Kalender F1 musim 2015.

Korea Selatan Batal Gelar Formula 1 di Tahun 2015
Warta Kota/AFP
Bos F1 Bernie Ecclestone.

WARTA KOTA, PARIS - Otoritas balapan Formula 1 (FIA) mencoret Korea Selatan dari Kalender F1 musim 2015.

"Kami memiliki kontrak dengan Korea. Kami harus memasukkannya ke dalam kalender. Jika tidak, mereka bisa saja menuntut kami. Kami sudah memberikan mereka keringanan satu tahun dengan menduga mereka akan kembali," ujar Bos F1 Bernie Ecclestone.

Desember lalu, Ecclestone mengatakan bahwa pihak penyelenggara GP Korea Selatan sebenarnya enggan mengadakan balapan pada tahun ini, namun Ecclestone harus tetap memasukkannya ke dalam kalender karena masalah legal.

Musim lalu, balapan yang digelar di Sirkuit Yeongam dan kali pertama dihelat pada 2010 tersebut, juga absen digelar.

Seri Korea Selatan awalnya dijadwalkan pada 3 Mei. Pencoretan ini membuat adanya kekosongan tiga pekan antara balapan sebelum itu dan sesudahnya, yakni di antara seri Bahrain pada 19 April dan Spanyol pada 10 Mei.

Balapan F1 Musim 2015 akan dimulai pada 15 Maret di Albert Park, Australia, dan berakhir di Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 29 November.

Di sisi lain, mulai musim 2016 para pembalap Formula 1 harus berusia minimal 18 tahun. Peraturan itu dikeluarkan FIA, menyusul keputusan Toro Rosso yang mengontrak Max Verstappen untuk musim 2015. Verstappen baru berumur 17 tahun pada September lalu.

Mulai 2016, para pembalap Formula 1 juga harus mengantongi sejumlah poin dari seri balap mobil lainnya. Mereka pun harus ambil bagian minimal dua tahun di balapan dengan kategori yunior, serta memiliki surat izin mengemudi. Aturan lainnya, calon pembalap harus bisa menjawab sejumlah pertanyaan tantang peraturan Formula 1.

Sementara, McLaren dan Mercedes berniat mengubah warna dasar mobilnya dari perak menjadi krom cermin, sedangkan McLaren akan mengubah warna dari perak ke jingga. (pen)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved