Tips Kesehatan

6 Cara Merawat Kuku agar Tetap Seksi

Kesan cantik tidak melulu hanya menyorot bagian tubuh yang gampang terlihat saja, seperti wajah, rambut, leher atau kulit.

6 Cara Merawat Kuku agar Tetap Seksi
mustikaherbal.com
Kuku dan kutek

WARTA KOTA, PALMERAH— Kesan cantik tidak melulu hanya menyorot bagian tubuh yang gampang terlihat saja, seperti wajah, rambut, leher atau kulit seluruhnya. Namun, juga area kuku kaki dan tangan yang kerap diacuhkan kondisinya oleh sebagian perempuan Indonesia. Padahal kuku cantik dan sehat wajib dimiliki oleh setiap perempuan demi kesempurnaan sebuah penampilan.

Keluhan yang sering terjadi adalah kondisi kuku yang berwarna kekuningan dan terkesan kotor atau tidak sehat. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari kesehatan fisik, merokok, perawatan yang tidak intensif serta faktor kebersihan kuku yang dipengaruhi jamur.

Banyak perempuan menempuh proses nail bleaching di klinik atau salon kecantikan. Tetapi sangat disarankan melakukannya dalam cara yang sehat, tepat, dan aman. Formula tepat yang diaplikasikan pada permukaan kuku akan menghilangankan noda dan semburat kuning pada kuku. Sekarang ini begitu banyak beredarnya produk pemutih kuku atau nail varnish , namun hindari yang mengandung bahan formaldehyde yang lambat laun akan berdampak pada warna kekuning-kuningan.

Cara terbaik memutihkan kuku dengan menggunakan bahan alami yang bisa Anda temui di dapur, seperti halnya khasiat lemon untuk kuku putih dan cantik . Bahkan, perawatan tersebut mampu menghemat biaya serta minim risiko infeksi atau alergi yang kerap terjadi pada sejumlah pengunjung salon kecantikan. Berikut perawatan rumahan untuk kuku putih nan cantik .

Soda
Ambil 1 sendok makan hydrogen peroxide dan 2,5 sendok makan baking soda lalu aduk merata di sebuah mangkuk hingga bertekstur lembut seperti krim atau busa. Aplikasikan menggunakan kapas persis di atas permukaan dan bawah kuku, tunggu hingga 3 menit kemudian. Cuci bersih dengan air hangat dan ulangi perawatan ini seminggu sekali sampai enam hingga delapan minggu kedepan.

Lemon
Tidak hanya baik untuk kulit, ternyata lemon berfungsi mencerahkan kuku . Tips mudah adalah menggunakan air perasan jeruk lemon lalu aplikasikan pada kuku, tunggu hingga7 menit. Cuci bersih kuku menggunakan air hangat. Prosedur perawatan ini mungkin menyebabkan kondisi kekeringan kulit, jadi pastikan Anda mengoleskan krim atau lotion kulit tangan.

Lemon dengan sabun
Metode lainnya menggunakan lemon bisa dengan mencampur ¼ gelas jus lemon yang dicampur dengan 1 gelas air hangat serta 2 sendok makan sabun cair. Rendam kuku sambil sesekali digosok lembut selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat.

Lemon dengan soda
Lemon dan baking soda disinyalir efektif memutihkan kuku karena kombinasinya sangat baik memperbaiki warna kekuningan pada kuku. Kombinasikan 1 sendok makan jus lemon bersama 3 sendok makan baking soda sampai campur merata. Oleskan selama 15 menit lalu cuci menggunakan sabun dan air hangat.

Garam laut
250 ml garam dapur yang dicampur air hangat menjadi solusi cerdas memutihkan kuku secara alami. Agar maksimal coba gunakan sikat gigi dan gosokkan selama 10 hingga 15 menit yang diakhiri dengan pengulangan, lalu bilas bersih dengan air hangat.

Cuka putih
Ambil 250 ml air hangat yang sudah diberi 1 sendok makan cuka dalam sebuah mangkuk. Tunggu hingga 8 menit kemudian sampai bercampur lalu rendam dan gosokkan kuku secara halus sampai 10 menit berikutnya. Bilas kuku dengan air hangat, sabun cair serta keringkan kuku lalu beri lotion atau pelembap. (Ridho Nugroho)

Editor: Suprapto
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved