Tahun Baru

Wuih, Sampah JNF Mencapai 35 Ton

Volume sampah sisa perayaan malam tahun baru di acara Jakarta Night Festival (JNF) mencapai 35 ton.

Penulis: | Editor: Lucky Oktaviano
Panji Baskhara Ramadhan
Jelang pergantian malam tahun ke 2015, ribuan pengunjung membludak di acara Jakarta Night Festival 2014, di Silang Barat Daya Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (31/12/2014). 

WARTA KOTA, JAKARTA - Volume sampah sisa perayaan malam tahun baru di acara Jakarta Night Festival (JNF) mencapai 35 ton. Sampah-sampah tersebut didominasi kertas terompet, kembang api, kemasan dan sisa makanan.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Saptastri Ediningtyas Kusumadewi mengatakan, 35 ton sampah tersebut dikumpulkan dari lokasi JNF Jalan MH Thamrin dan Kawasan Monas.

"Sedangkan sampah yang dihasilkan dari seluruh keramaian tahun baru di lima wilayah Kota Administrasi mencapai 50 ton. Titik-titik keramaian tersebut antara lain di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Ancol, Taman Fatahillah-Kota Tua, Taman Margasatwa Raguna, dan titik-titik keramaian masyarakat lainnya," ujarnya, Kamis (1/1/2015).

Secara total, kata dia, akumulasi sampah di titik-titik keramaian malam tahun baru 2015 di Jakarta mencapai 85 ton.

Ia mengatakan, jumlah ini lebih rendah dari akumulasi sampah di lokasi JNF tahun lalu yang mencapai 150 ton, dan di lokasi perayaan pergantian tahun lainnya 430 ton hingga totalnya sebanyak 680 ton.

Pengurangan volume sampah ini, lanjut Tyas, dikarenakan ketegasan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang meminta masyarakat tidak buang sampah sembarangan.

Tyas menyampaikan pihaknya sudah menurunkan 25 petugas untuk sosialisasi di kawasan JNF di sepanjang Jalan Thamrin hingga Monumen Nasional (Monas).

Mereka menegur dan mengingatkan warga untuk membuang sampah pada tempatnya. Setiap petugas membawa papan pengumuman dan berkeliling.

Petugas juga mengingatkan setiap orang yang ketahuan membuang sampah di sembarang tempat bahwa ada ketentuan denda sebesar Rp 500 ribu sesuai Perda Nomor 3 Tahun 2013 Pasal 130 Ayat (1) huruf b tentang Pengelolaan Sampah.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved