Breaking News:

Sepakbola

Awal Maret 2015 Piala Indonesia Bergulir

Turnamen Piala Indonesia 2015 yang akan mempertemukan peserta kompetisi ISL dengan Divisi Utama dan Liga Nusantara akan dimulai awal Maret.

Kompas.com
Ilustrasi : Kantor PSSI didemo. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Turnamen Piala Indonesia 2015 yang akan mempertemukan klub peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) dengan klub yang berada di kompetisi di bawahnya yaitu Divisi Utama dan Liga Nusantara akan dimulai awal Maret.

"Piala Indonesia on pada pekan pertama atau kedua Maret 2015. Saat ini segala sesuatunya termasuk formatnya terus dipersiapkan," kata Sekjen PSSI Joko Driyono di sela Workshop "Penguatan Peran Media Terhadap Kemajuan Sepak Bola Indonesia" di Senayan, Jakarta, Minggu (28/12/2014).

Piala Indonesia selama tiga tahun terakhir vakum dalam pelaksanaannya karena beberapa hal termasuk adanya dualisme kepengurusan PSSI. Setelah kepengurusan kembali bersatu, turnamen yang melibatkan klub-klub terbaik itu akhirnya bisa digelar kembali.

Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, Piala Indonesia 2015 akan diikuti 20 klub dari ISL, 58 klub dari Divisi Utama dan 18 klub amatir dari Liga Nusantara. Adapun jumlah pertandingan yang akan dilakoni adalah 99 pertandingan.

Turnamen yang terhenti sejak adanya Indonesia Premier League (IPL) 2012 ini akan terbagi dalam tujuh babak pertandingan. Untuk empat babak awal akan memberlakukan sistem gugur atau sekali bertanding dan pertandingannya digelar medio Maret-Mei.

Pada babak empat ini, sang juara ISL yaitu Persib Bandung dan posisi runner up Persipura Jayapura mulai bertanding. Kedua tim akan berhadapan dengan satu dari 14 klub pemenang di fase ketiga.

Memasuki babak kelima atau babak delapan besar ternyata format pertandingan dari sistem gugur menjadi kandang dan tandang (home away). Pelaksanaanya kemungkinan digelar antara 12 - 20 Agustus 2015.

Untuk pertandingan babak keenam, format pertandingan kembali ke sistem gugur. Kondisi ini juga akan berlangsung pada pertandingan final yang dijadwalkan akan berlangsung 8 November 2015 mendatang.

Berikut ini kemungkinan skema dan penjadwalan Piala Indonesia 2015 :

Peserta : 18 (Piala Nusantara), 58 (Divisi Utama), 20 (ISL)

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved