Breaking News:

Pencak Silat

IPSI Kirim Atlet ke Phuket

Tampil di kejuaraan dunia dapat dijadikan program antara menuju SEA Games

Editor: Andy Pribadi
Kompas.com
Atlet silat. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Untuk memantau prestasi pesilat yang kini ditempa dalam Pelatnas SEA Games 2015 Singapura, PP IPSI mengirim para atletnya tampil di kejuaraan dunia yang rencananya digelar di Phuket, Thailand pada 21-25 Januari 2015.

“Tampil di kejuaraan dunia dapat dijadikan program antara menuju SEA Games XXVIII Singapura yang rencananya digelar pada Juni 2015. Melalu pertimbangan itu, PP IPSI mengirim kekuatan penuh ke Phuket, Thailand,” ujar Sunarno, pelatih silat nasional di Jakarta, Senin (15/12), dilansir laman satlakprima.com.

Sunarno melanjutkan, atlet yang dikirim ke kejuaraan dunia nanti diambil melalui hasil kejuaraan nasional (kejurnas) ASEAN University Games dan atlet Pelatnas SEA Games. Dengan begitu, kejuaraan dunia juga dijadikan ajang pemantauan prestasi atlet yang layak melanjutkan latihan di pelatnas.

Harapannya, atlet yang berprestasi di kejuaraan dunia berhak melanjutkan penempaan di Pelatnas SEA Games. Namun, atlet yang prestasinya mengalami penurunan saat tampil di kejuaraan dunia, tidak menutup kemungkinan didegradasi.

Melalui sistem promosi degradasi ini, jelas Sunarno, di Pelatnas SEA Games terjadi persaingan cukup ketat. Penempaan seperti itu diharapkan mampu menghasilkan atlet berprestasi puncak.

Pada intinya, papar Sunarno, tampil di kejuaraan dunia erat hubungannya dengan atlet yang dipersiapkan ke SEA Games maupun Asian Games XVIII di Jakarta. Dengan harapan, cabang pencak silat bisa dipertandingkan resmi di Jakarta. Karena, pertandingan eksibisi pernah digelar saat Asian Games dilaksanakan di Busan, Korea Selatan pada 2002 silam. (pen)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved