Keluarga Miskin Masih Dominasi PMKS di Kota Bekasi

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi mencatat bahwa jumlah keluarga berkategori miskin masih mendominasi warga yang tergolong PMKS.

Keluarga Miskin Masih Dominasi PMKS di Kota Bekasi
dok. Warta Kota
Ilustrasi kemiskinan 

WARTA KOTA, BEKASI - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi mencatat bahwa jumlah keluarga berkategori miskin masih mendominasi warga yang tergolong penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Selain dari keluarga miskin, warga lainnya yang masuk daftar PMKS diantaranya adalah para gelandangan, pengemis, anak-anak terlantar, pemulung, dan penyandang disabilitas.

“Data terakhir yang kami himpun tahun 2013 lalu, dari warga yang tergolong PMKS sebanyak 23.709 jiwa. Dari data sebanyak itu, mereka yang masuk kategori keluarga miskin sebanyak 13.179 jiwa,” ungkap Kepala Bidang, Pelayanan PMKS, Dinas Sosial Kota Bekasi, Rita Hartati, Jumat (12/12/2014).

Uniknya, jumlah warga PMKS terbanyak di Bumi Patriot ini justru berada di wilayah perkotaan, yaitu di wilayah Kecamatan Bekasi Barat dan Bekasi Utara.

Sementara di wilayah yang masih terhitung jauh dari lokasi perkotaan, jumlah warga PMKS lebih sedikit seperti di Kecamatan Bantargebang dan Pondok Melati.

Untuk mengurangi jumlah warga miskin ini, kata Rita, Dinsos Kota Bekasi sudah menempuh berbagai upaya.

Salah satunya adalah dengan membekali para PMKS dengan sejumlah keterampilan seperti pelatihan membatik, membuat boneka, atau kerajinan lainnya.

“Upaya pemberian keterampilan yang kami lakukan itu diharapkan bisa membuka peluang usaha kecil mikro. Penghasilan yang mereka peroleh bisa mereka gunakan untuk menutupi kebutuhan hidup keluarga,” ujarnya.

Rita mengakui bahwa data PMKS yang dikumpulkan oleh Dinsos Kota Bekasi berbeda dengan data yang dikumpulkan oleh instansi pemerintah lainnya seperti Dinas Kependudukan dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurut Rita, data BPS merujuk dari pemberian beras miskin beberapa waktu lalu.

Merujuk data dari Dinas Sosial Kota Bekasi, jumlah jenis PMKS terbanyak adalah berada di Kecamatan Bekasi Barat yaitu sebanyak 7.346 jiwa.

Jumlah warga yang tergolong PMKS terbesar kedua berada di Kecamatan Bekasi Utara yaitu sebanyak 3.157 jiwa disusul kemudian di Kecamatan Jatisampurna sebanyak 2.809 jiwa.

Lima kecamatan lainnya dengan jumlah PMKS lebih dari seribu jiwa di antaranya adalah di Kecamatan Bekasi Timur sebanyak 1.936 jiwa, di Kecamatan Jatiasih sebanyak 1.637 jiwa, di Kecamatan Mustikajaya sebanyak 1.624 jiwa, di Kecamatan Rawalumbu sebanyak 1.162 jiwa dan di Kecamatan Bekasi Selatan 1.140 jiwa.

Sementara di empat kecamatan lainnya, jumlah PMKS masih berada di bawah 1.00 jiwa, yaitu di Kecamatan Pondok Melati sebanyak 975 jiwa, di Kecamatan Medan Satria sebanyak 951 jiwa, di Kecamatan Pondokgede sebanyak 748 jiwa, dan di Kecamatan Bantar Gebang sebanyak 224 jiwa.

Penulis:
Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved