Breaking News:

Ada 2.045 Titik Jalan Rusak di Jakarta

Anggaran pemeliharaan jalan rusak tahun 2014 untuk lima wilayah DKI sekitar Rp100 miliar

Penulis: | Editor: Dian Anditya Mutiara
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Ratusan warga Jalan Beting Asem RW 09, Kelurahan Semper Barat, Jakarta Utara melakukan aksi blokir jalan pada Selasa (18/3/2014) pagi. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PU DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan bahwa pihaknya terus bekerja keras dalam memperbaiki kondisi jalan rusak dan berlubang saat ini.

Anggaran pemeliharaan jalan rusak tahun 2014 untuk lima wilayah DKI sekitar Rp 100 miliar. Sesuai perjanjian, perbaikan jalan berlubang dan retak, masih menjadi tanggung jawab dari kontraktor pemenang lelang.

"Jadi banyak lubang (jalan rusak) sudah kita benerin. Sampai sekarangkan perbaikan tetap berjalan terus. Hingga kini, jalan yang rusak berkurang. Karena kita kan lakukan perbaikan terus," kata Juani saat dihubungi di Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Kendati begitu, apa yang dikemukakan oleh Juaini terkait kondisi jalan rusak yang telah berkurang, tak sesuai dengan hasil rekapitulasi. Dari data rekapitulasi jalan rusak per 1 Desember 2014 tersebut, dapat disimpulkan bahwa jalan rusak yang ada di Jakarta justru bertambah, apabila dibandingkan dengan data hasil rekapitulasi jalan rusak per 1 November 2014 lalu.

Adapun hasil rekapitulasi jalan rusak yang dilakukan Dinas PU, hingga awal November 2014 lalu tercatat sebanyak 2045 titik jalan rusak di Jakarta, yang terdiri dari 1588 titik awal dan 457 yang merupakan titik-titik baru. Disisi lain, perbaikan jalan rusak yang telah ditangani oleh Dinas PU sebanyak 1598 titik. Sehingga didapati, total sisa jalan rusak di Jakarta sebanyak 447 titik.

Bertambahnya titik jalan rusak disebabkan oleh kondisi buruknya cuaca disertai kondisi jalan yang buruk. "Kalau itu kan kita ga tau juga. Sekarang ini kan lagi musim hujan. Ditambah lagi ada kondisi jalan yang sudah retak. Kemarin juga ada genangan, banjir. Jadi tambah rusak jalannya. Tapi kita akan terus berusaha perbaiki," terangnya.

Berikut ini beberapa titik-titik jalan rusak di lima wilayah DKI Jakarta, beserta titik-titik yang telah ditangani oleh Dinas PU terangkum sebagai berikut;

1. Wilayah Jakarta Pusat memiliki 428 titik awal jalan rusak. Terdapat 173 titik baru, serta titik-titik yang telah mengalami perbaikan sebanyak 584 titik. Total sisa titik jalan rusak sebanyak 17 titik.

2. Wilayah Jakarta Utara memiliki 271 titik awal jalan rusak. Ditemukan 100 titik baru jalan yang rusak, serta titik yang telah mengalami perbaikan sebanyak 271 titik. Sehingga, total sisa titik jalan rusak sebanyak 100 titik.

3. Wilayah Jakarta Barat memiliki 388 titik awal jalan rusak. Dengan 171 titik baru yang rusak, serta titik jalan rusak yang telah mengalami perbaikan sebanyak 439 titik. Sehingga, total sisa titik jalan rusak sebanyak 120 titik.

4 Di Wilayah Jakarta Timur memiliki 350 titik awal jalan rusak, dengan 124 titik baru, dan sebanyak 451 titik telah mengalami perbaikan. Sehingga total sisa jalan rusak sebanyak 23 titik.

5. Di Jakarta Selatan terdapat 151 titik awal jalan rusak. Ditemukan sebanyak 87 titik baru, dan 209 titik telah diperbaiki. Total sisa terdapat 29 titik jalan rusak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved