Sepanjang 2014 Sudin Sosial Jakarta Barat Tertibkan 901 PMKS

Sepanjang tahun 2014 sebanyak 901 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ditertibkan Sudin Sosial Jakarta Barat.

Sepanjang 2014 Sudin Sosial Jakarta Barat Tertibkan 901 PMKS
Warta Kota/Wahyu Tri Laksono
Kasudin Sosial Jakarta Barat, Ika Yuli Rahayu. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Sepanjang tahun 2014 sebanyak 901 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ditertibkan Sudin Sosial Jakarta Barat. Jumlah ini mengalami penurunan dibanding tahun 2013 yang mencapai 1.350 orang.

Menurut Kasudin Sosial Jakarta Barat, Ika Yuli Rahayu, berkurangnya angka PMKS tersebut lantaran gencarnya razia serta sesekali mengadakan sidang tindak pidana ringan (Tipiring) kepada mereka.

Setidaknya hal itu membuat mereka kapok dan kembali pulang ke kampung halamannya.

"Sepanjang tahun ini kami gencar melakukan razia serta langsung menindaknya dengan sidang Tipiring. kemungkinan itu jadi pertimbangan para PMKS dan kembali ke kampung halamannya. Ya disamping itu juga kami lakukan sosialisasi kepada pengguna jalan agar tak memberi kepada mereka," ungkap Ika kepada wartawan, Senin (8/12/2014).

Apalagi kata Ika, dalam beberapa bulan terakhir pihaknya gencar melakukan razia bekerjasama dengan Satpol PP, pihak Kepolisian serta TNI.

Ika mengakui dengan adanya pihak Kepolisian dan TNI terlibat para PMKS ini jadi takut, karena dianggap akan dimasukkan ke penjara.

"Pastinya ada rasa takut juga dari para PMKS karena ada pihak berwajib sehingga tak berani melawan. Kalau hanya pihak Satpol PP saja para PMKS ini sekarang sudah berani melawan," ujarnya.

Menurut Ika, sepanjang tahun 2014 ini yang sering terjaring didominasi gelandangan 278, pengemis 113, Pekerja Seks Komersial (PSK) 115, Wanita Pria (Waria) 37, pengamen 89, pemulung 56, psikotis 62, asongan 20, joki 3 in 1 satu orang, anak jalanan 26, dan lain-lain sebanyak 104.

"Dari jumlah tersebut sekitar 80 persen muka lama yang tinggal di luar Jakarta Barat. Hanya 20 persen yang berdomisili di Jakarta Barat," ujarnya.

Pada 2015 mendatang, pihaknya akan lebih intens bekerjasama dengan pihak yang berwajib dalam merazia para PMKS.

Setidaknya dalam beberapa bulan terakhir cara tersebut cukup efektif menekan para PMKS agar tak berkeliaran di wilayah Jakarta Barat. (Wahyu Tri Laksono)

Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved