Breaking News:

Jakarta Hijau

Ratusan Pohon Buah Ditanam di Jakarta Selatan

Dengan banyaknya pohon, diharapkan dapat menyerap air lebih banyak dan mencegah banjir.

Warta Kota/Dwi Rizki
Wakil Walikota Jakarta Selatan Tri Djoko SM saat melakukan penanaman pohon. 

WARTA KOTA, CILANDAK - Lebih dari enam tahun pasca ditetapkannya Keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2008 tentang penanaman pohon oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kala itu, Pemkot Jakarta Selatan kembali mengejar target penanaman satu miliar pohon di wilayah Administrasi Kota Jakarta Selatan hari ini, Jumat (5/12).

Berbeda dengan aksi penghijauan wilayah lainnya, ratusan bibit pohon yang ditanam oleh ratusan peserta acara Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan ke Tujuh di Hutan Kota Komplek Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan hari ini merupakan pohon buah hasil pengembangan Kebun Bibit Balai Benih Induk Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pada kegiatan yang termasuk dalam perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada tanggal 28 November dan Bulan Menanam Nasional (BMN) yang ditetapkan pada bulan Desember, Wakil Walikota Jakarta Selatan, Tri Djoko SM mengatakan aksi tersebut adalah bentuk dukungan pihak Pemkot Jakarta Selatan dalam menghijaukan Indonesia, khususnya DKI Jakarta.

"Pada pogram penanaman satu miliar pohon ini kami akan terus tanami lahan-lahan potensial yang tersedia, seperti di Asrama TNI, Arhanud dan Gonzaga. Kita akan tanam 1.500 pohon, tujuh puluh persen jenis pohon pelindung, seperti pohon mahoni. Sedangkan sisanya akan ditanami pohon produktif seperti saat ini," ujarnya sembari menunjuk pohon sukun yang baru saja ditanam.

Dia menyatakan, selain dapat berfungsi sebagai media penyerapan, pohon produktif dapat dimanfaatkan buahnya. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan penanaman pohon sebanyak mungkin selama sebulan ini.

Ditemui bersamaan, Komadan Marinir Pasmar II Brigjen TNI (Mar) Denny Kurnadi mengungkapkan, keikutsertaan pihaknya kini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam menghijaukan bumi Jakarta. Atas hal tersebut, dirinya pun bersedia untuk menjadi tuan rumah dalam penanaman sebanyak 350 batang pohon di lahan seluas 41 hektar persegi Bumi Marinir Cilandak.

"Kami menurunkan sebanyak tiga ratus personel hari ini, fokus penghijauan sebenarnya bukan untuk hari penanaman saja, tetapi pada pemeliharaan hingga bibit-bibit pohon ini bisa tumbuh sehat," jelasnya.

Kementara itu, Kasudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Selatan, Endang Ekoretnowati menjelaskan Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon sendiri merupakan salah satu langkah dalam mengatasi persoalan banjir yang ada di Jakarta Selatan. Sehingga air dapat terserap yang diharapkan dapat meningkatkan volume air tanah di wilayah Jakarta Selatan.

"Dengan banyaknya pohon, diharapkan dapat menyerap air lebih banyak. Terlebih saat musim hujan dan dapat meminimalisir banjir. Selain itu, lewat banyaknya penyerapan, pasokan air tanah meningkat yang sekaligus dapat mengurangi percepatan penurunan permukaan tanah wilayah DKI Jakarta," tutupnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved