Breaking News:

Ragam Kopi Nusantara di Ranah Kopi Kota Depok

Ada 10 jenis kopi dari berbagai daerah yang kami sajikan dan akan kami tambah lagi dalam waktu dekat.

Penulis: Feryanto Hadi | Editor:
Tribunnews.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, DEPOK - Indonesia negara penghasil kopi terbesar ke-empat di dunia. Tetapi, tidak banyak masyarakatnya yang mengenal atau menikmati kopi-kopi khas Indonesia yang memiliki citarasa luar biasa. Sebaliknya, masyarakat justru begitu familiar dengan kopi-kopi sachet yang sudah melewati berbagai proses.

Ini yang menjadi motivasi didirikannya Ranah Kopi. Memiliki misi mengenalkan aneka kopi nusantara, ragam kopi dari berbagai daerah di Indonesia dihadirkan untuk mempertebal kebanggan masyarakat terhadap kopi asli Indonesia.

Kopi-kopi khas nusantara yang dapat menjadi pilihan di kafe ini antara lain Arabican Aceh Gayo Arabica Mandailing, Arabica Sidikalang, Arabica Lintong, Arabica Toraja, Arabica Bali, Arabica Priangan, Arabica Florest, Arabica Papua Robusta Jawa. Pengunjung pun bisa memilih cara penyajiannya, seperti tubruk, french press, pourover, dan iced. Dari segi harga pun cukup terjangkau untuk bisa menikmati kopi dengan rasa dan aroma khas ini, cukup membayar Rp11.000-Rp15.000.

"Ada 10 jenis kopi dari berbagai daerah yang kami sajikan dan akan kami tambah lagi dalam waktu dekat. Di luar sisi bisnis, kami ingin memperkenalkan kopi-kopi asli Indonesia yang selama ini kurang diketahui masyarakat luas," kata Muadzin Jihad, pemilik Ranah Kopi kepada Warta Kota, Senin (1/12).

Ranah Kopi menawarkan kopi alami. Bahan-bahan kopi, langsung dibeli dari para petani kopi. Hal ini, kata Muadzin, sebagai upaya apresiasi karena selama ini keuntungan bisnis kopi lebih banyak diambil oleh para tengkulak atau trader bukan oleh petani yang dengan susah payah mengelola perkebunan kopi mereka.

"Untuk mendapatkan kopi terbaik, beberapa jenis kopi kami beli langsung dari para petaninya atau kelompok tani. Jadi, benar-benar masih alami sehingga kualitasnya juga terjaga," katanya.

Bahkan, dalam mengolahnya menjadi kopi siap saji, Ranah Kopi menumbuk bijih kopi untuk mendapatkan rasa kopi yang orisinil dan aroma kopi yang begitu sedap. "Jadi, kopi yang disajikan kepada pelanggan benar-benar fresh dan sehat," imbuh Muadzin.

Kopi Toraja dan Kopi Gayo kata Muadzin sejauh ini menjadi kopi best seller di Ranah Kopi. Itu karena rasa kopi dari dua daerah tersebut memiliki ciri khas sendiri, termasuk aroma kopi yang begitu menggoda. Bahkan, menurut Muadzin, banyak orang yang sebelumnya tidak suka minum kopi kemudian justru menjadi penikmat kopi usai merasakan sedapnya Kopi Toraja dan Kopi Gayo.

Tidak hanya kopi, Ranah Kopi juga menyediakan berbagai pilihan menu lain seperti Espresso, Double Espresso, Americano, Cappucino, Caffe Latte, Caffe Mocha, Hazelnut Latte, Caramel Latte, dan Affogato. Tersedia pula menu-menu makanan berat, seperti nasi goreng, steak dan sebagainya.

"Sejauh ini banyak masyarakat, khususnya di Depok yang datang ke sini untuk menikmati kopi nusantara atau sekadar nongkrong bersama rekan, keluarga atau teman bisnisnya," terang Muadzin.

Halaman
12
Tags
kopi
kafe
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved