Pilkada

Jokowi Teken PP Pemilihan Kepala Daerah Hari Ini

Peraturan Pemerintah pemilihan kepala daerah telah selesai dan akan ditekan Presiden Joko Widodo hari ini.

Jokowi Teken PP Pemilihan Kepala Daerah Hari Ini
Kompas.com
Presiden Joko Widodo memberikan konferensi pers di halaman belakang komplek istana, Jakartabeberapa waktu lalu. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Penyusunan verbal Peraturan Pemerintah yang merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota telah selesai dikerjakan. Direncanakan, Jumat (28/11) akan langsung ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemdagri), Djohermansyah Johan mengatakan bahwa saat ini, draft tersebut sudah ada ditangan Presiden RI Jokowi. Diharapkan, PP itu segera ditandatangani oleh Jokowi.

"PPnya sudah ada. Rencananya hari ini ditandatangani Presiden," kata Djohermansyah saat dihubungi di Balai Kota DKI, Jumat (28/11).

Namun, dia mengaku belum mengetahui secara garis besar dari isi PP tersebut. Nanti kalau sudah diterbitkan maka akan langsung dipublished di website Kemdagri. "Saya tidak tahu isi verbalnya seperti apa," ungkapnya.

Perlu diketahui, dengan ditandatanganinya PP tersebut, maka Kemdagri bisa merekomendasikan mekanisme pemilihan atau pengisian jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sehingga Gubernur DKI Jakarta memiliki landasan hukum yang kuat dalam memilih pendampingnya. Dan tidak ada keraguan sedikit pun dari pihak DPRD untuk menerima rekomendasi tersebut karena sudah ada PP tersebut.

Penulis:
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved