Penerbangan

Ahok : Bandara Baru di Marunda Batal, Pindah ke Karawang

Berdasarkan kajian, penambahan bandara di wilayah Marunda ternyata belum cukup mampu mengatasi kepadatan arus lalu lintas udara di Jakarta.

Ahok : Bandara Baru di Marunda Batal, Pindah ke Karawang
Indoberita.com
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 

WARTA KOTA, JAKARTA - Berdasarkan kajian sementara, penambahan bandara di wilayah Marunda, Jakarta Utara, ternyata belum cukup mampu untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas udara di Jakarta.

Dibanding Jakarta Utara, wilayah Karawang, Jawa Barat, dianggap lebih cocok untuk dijadikan lokasi pembangunan bandara yang baru.

Hal itu dilontarkan Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama saat rapat kerja gubernur forum kerja sama daerah Mitra Praja Utama, di Jakarta, Kamis (27/11/2014).

"Misalnya, kami ingin membangun bandara di Marunda, ternyata tidak menambah kapasitas. Bandara yang cocok itu di Karawang. Kebetulan tanahnya hampir 90 persen milik Perhutani. Nah, ini yang akan kita sampaikan ke (pemerintah) pusat," kata Ahok.

Ahok mengajak investor untuk terlibat dalam rencana pembangunan tersebut. Namun, apabila tak ada investor yang berminat, Pemerintah Provinsi DKI yang akan mengerjakannya sendiri.

"Kalau ternyata investor ragu-ragu mau bangun bandara, keuntungannya masih lama, biar DKI aja yang invest. Karawang pasti akan maju," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.

Beberapa waktu lalu, Ahok melontarkan wacana pembangunan bandara di Marunda. Hal itu bertujuan untuk memperlancar distribusi logistik sehubungan dengan semakin padatnya arus lalu lintas udara di Bandara Soekarno-Hatta. Adapun nama yang disiapkan untuk bandara baru tersebut adalah Ali Sadikin International Airport (ASIA).

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved