Hobi

Batu Permata Black Oval Masuk Kategori Terbaik di Dunia

Permintaan akan batu permata kalimaya jenis "black oval" dari Lebak cukup tinggi karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan negara lain.

Batu Permata Black Oval Masuk Kategori Terbaik di Dunia
Berniaga.com
Batu permata jenis black oval 

WARTA KOTA, LEBAK - Permintaan akan batu permata kalimaya jenis black oval dari Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, selama ini cukup tinggi karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan negara lain.

"Permata kalimaya jenis black oval Lebak masuk kategori terbaik di dunia," kata Jafar, seorang perajin batu permata kalimaya di Lebak, Kamis (20/11/2014).

Jafar mengatakan, saat ini pemintaan akan kalimaya jenis black oval cukup tinggi, baik dari kolektor domistik maupun mancanegara. Sebab, kalimaya dari Kabupaten Lebak memiliki kelebihan dibandingkan dengan negara Autralia, Afrika dan Amerika Latin.

Kalimaya jenis black oval Lebak itu memiliki kilau warna yang lebih hidup, juga warnanya tidak menghilang. Selain itu tekstur permata kalimaya hitam dari Lebak terlihat lebih kasar. Karena itu, harga pasaran kalimaya black oval atau oval hitam cukup mahal dan diburu oleh kolektor domestik maupun mancanegara.

Saat ini, kata dia, harga permata kalimaya oval hitam bervariasi dan tergantung warnanya. Namun, harga permata kalimaya hitam itu mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 50 juta.

"Kami selama dua bulan terakhir banyak kolektor dari mancanegara datang ke sini untuk membeli kalimaya oval hitam," kata Jafar.

Begitu pula, Edi Kalimaya, seorang perajin kalimaya warga Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak mengaku dirinya merasa kewalahan dengan tingginya permintaan akan permata kalimaya, terutama jenis oval hitam. Bahkan, mereka yang datang ke sini kolektor dari berbagai daerah di Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

"Kami dua hari ini laku sebanyak 75 permata dengan harga Rp 300.000 sampai Rp 5 juta per buah," kata Edi.

Menurut Edi, saat ini pembeli permata kalimaya datang dari Rangkasbitung, Serang, Cilegon, Tangerang dan Jakarta. Mereka membeli dengan jumlah banyak untuk dijual kembali karena harganya cukup lumayan. Para pedagang permata itu sudah mendapat pesanan dari pejabat, pengusaha dan kolektor. Sebagian besar permata kalimaya itu untuk digunakan hiasan cincin tangan maupun asesoris kaum wanita.

"Saya kira tingginya permintaan pasar karena permata kalimaya memiliki daya tarik tersendiri juga pancaran warna pelangi dapat berubah-ubah. Itulah kelebihan permata asal Lebak," kata Edi. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved