Breaking News:

Kualifikasi Piala Eropa 2016

Peran Veteran Portugal Bakal Gilas Armenia

Kehadiran para veteran ini justru dipercaya Tiago bakal menyuntik motivasi tinggi.

Penulis: | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Foto-foto AFP; Grafis: Galih
Preview laga Portugal vs Armenia, Sabtu (15/11), pukul 02.45 WIB. 

WARTA KOTA, SAO JOAO DA VENDA - Sejumlah pemain veteran menghiasi skuat Portugal di babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Kehadiran mereka diyakini bisa menginspirasi tim untuk memastikan kemenangan atas Armenia, Sabtu (15/11), pukul 02.45 WIB.

Salah satu 'muka lama' alias pemain lawas tersebut adalah gelandang pengatur ritme, Tiago. Ia kembali masuk timnas bulan lalu meski sudah menyatakan pensiun dalam empat tahun terakhir.

Tiago menjadi tulang punggung tim sewaktu Portugal kalah 0-1 dari Perancis pada laga persahabatan dan menang 1-0 atas Denmark dalam laga grup I di kualifikasi Piala Eropa.

Pemain 33 tahun itu kembali mentas bersama bek tengah Monaco, Ricardo Carvalho yang disisihkan pelatih sebelumnya, Paulo Bento di tahun 2011. Bek sayap Jose Bosingwa menjadi veteran terakhir yang masuk ke dalam tim di bawah komando Fernando Santos, pelatih Portugal pengganti Bento.

Kehadiran para veteran ini justru dipercaya Tiago bakal menyuntik motivasi tinggi. Mantan pemain Juventus itu optimis timnya bakal lolos ke putaran final di Perancis, dua tahun mendatang. Di satu sisi, pemain veteran kaya pengalaman. Di sisi yang berbeda, kemampuan fisik mereka tidak seprima pada masa jaya.

"Sebuah kegembiraan tersendiri mendapati pemain di generasi saya kembali lagi. Kami sudah melewati banyak momen bersama-sama. Ini juga menjadi penting bagi para pemain muda karena mereka bisa melihat kami sebagai referensi," kata Tiago dilansir fourfourtwo.com, Kamis (13/11).

"Kini, di skuat kami ada banyak pemain berpengalaman dan akan membantu untuk meredakan tekanan yang datang. Untuk laga penting seperti sekarang, pengalaman bertanding seorang pemain akan menentukan meski kami semua sadar tidak ada laga yang mudah. Seluruh orang Portugal akan mengharapkan kami secepatnya memastikan kemenangan," tambah pemain yang kini merumput bersama Atletico Madrid di Liga Spanyol itu.

Portugal memang tengah membutuhkan kemenangan untuk bisa melapangkan jalan di grup I. Usai kalah 0-1 secara mengejutkan dari Albania, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menang di Denmark.

Hasil itu membuat Portugal menempati posisi tiga dengan nilai tiga dari dua pertandingan. Mereka tertinggal satu angka dari Albania dan Denmark yang berada di pucuk grup. Bedanya, Denmark unggul selisih gol (+0/-2) atas Albania dan kedua tim itu sudah tiga kali bertanding.

Sementara itu, Armenia menempati pos juru kunci karena baru mengumpulkan satu angka. Mereka tentu mengincar kemenangan atas Portugal. Namun, ambisi itu tidak akan mudah diwujudkan mengingat sejarah pertemuan kedua negara. Armenia selalu kalah di Portugal pada dua lawatan terakhir. Tim tamu akan berharap kepada pemain senior seperti Henrikh Mkhitaryan atau kiper Roman Berezovsky. (eko)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved