Masalah Utama Pria di Indonesia: Ketombe

Ketombe bisa jadi masalah rambut yang paling merisaukan, baik bagi wanita maupun pria.

Masalah Utama Pria di Indonesia: Ketombe
Shutterstock
Ilustrasi rambut pria yang kerap berketombe. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Ketombe bisa jadi masalah rambut yang paling merisaukan, baik bagi wanita maupun pria.

Sebab, ketombe nakal yang acap kali berhamburan di pundak dan punggung, tentunya buat kepercayaan diri menurun drastis dan memburuk.

Kulit kepala yang berketombe biasanya diikuti oleh berbagai masalah rambut lainnya seperti kukit kepala terlalu berminyak, terlalu kering, rambut patah, rontok, dan masih banyak lainnya.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Clear Shampo, ternyata ketombe masih menjadi masalah utama bagi pria Indonesia dan masalah kedua bagi wanita di Indonesia, setelah rambut rontok.

Sebanyak 71 persen perempuan di Indonesia pernah mengalami masalah rambut berketombe, dan 9 dari 10 perempuan mengaku bahwa kekhawatiran terbesar adalah ketombe akan kembali lagi.

Dr.Andrew Jones Research Scientist Unilever R&D dari pusat penelitian Unilever di Inggris mengatakan, "34 persen penduduk dunia mengalami masalah ketombe. Salah satu penyebab ketombe adalah jamur malassezia yang bersarang di kulit kepala tiap orang, bahkan di kulit kepala sehat sekalipun."

Selain itu, riset dari Clear Shampo juga menemukan bahwa perkembangan jamur malassezia di kulit kepala 10 kali lebih banyak pada konsumen yang tidak menggunakan sampo anti ketombe secara teratur.

Untuk mengakali ketombe di rambut, hampir setengah responden, yakni sebanyak 55 persen mencari solusi sementara seperti mengikat rambut, menggunakan aksesori rambut, hingga menghindari memakai busana bewarna gelap.

Sebenarnya, alih-alih mencari solusi sementara, lebih baik jika wanita yang memiliki masalah rambut berketombe mencari solusi yang menuntaskan masalahnya.

Salah satu solusinya adalah dengan mencari sampo anti ketombe yang tepat dan mengaplikasikannya dengan rutin.

Editor: Lucky Oktaviano
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved