Breaking News:

Rusunawa Belum Siap, Penertiban Bantaran Kali Semongol Diundur

Penertiban rumah warga di Bantaran Kali Semongol, Tegal Alur, Kalideres Jakarta Barat, diundur.

Editor: Lucky Oktaviano
Wahyu Tri Laksono
Inilah rumah-rumah warga di bantaran Kali Semongol, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, yang akan ditertibkan terkait normalisasi kali dan jalan inspeksi. 

WARTAKOTA, KALIDERES - Penertiban rumah warga di Bantaran Kali Semongol, Tegal Alur, Kalideres Jakarta Barat, yang akan terkena proyek normalisasi kali serta jalan inspeksi ternyata diundur.

Hal tersebut dikarenakan masih belum siapnya fasilitas rumah susun sewa (rusunawa) yang disediakan Pemprov DKI Jakarta.

"Saya dapat info belum akan dilakukan pembongkaran pada 28 Oktober, bisa diundur atau molor sampai batas waktu yang belum ditentukan," ungkap Anik Sulastri, Lurah Tegal Alur.

Sejauh ini sepengetahuan dirinya masih dalam tahap pembicaraan antara Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perumahan DKI Jakarta mengenai pembongkaran bangunan yang akan dilakukan.

"Pembicaraan kedua dinas tentang solusi bagi warga, jika harus dibongkar akan ditampung dimana. Soalnya kan kalau mau dipindahin ke rusunawa Daan Mogot, sampai saat ini belum selesai. Dan ada kemungkinan tak muat jika harus ditampung di sana semua karena ada 4 warga bongkaran yang direlokasi di rusunawa itu," ucap mantan wakil lurah Kalideres itu kepada Warta Kota, Kamis (23/10/2014).

Hal itulah yang menjadi kendala sehingga hingga saat ini belum ada perintah tugas dari Dinas PU, Walikota yang diberikan ke Camat untuk menjalankan pembongkaran.

"Sampai saat ini surat pemberitahuan 1,2,3 belum sampai di Kelurahan agar warga membereskan barangnya untuk pindah. Jadi saya sebagai pihak kelurahan sudah menyampaikan sesuai dengan porsi saya, yakni mensosialisasikan program pemprov dan menyampaikan aspirasi warga ke pemprov juga," tuturnya.

Ia juga menjelaskan anggaran yang digunakan untuk melakukan pembongkaran serta pengerjaan normalisasi kali dan jalan inspeksi masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2014.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 345 rumah yang berada di bantaran Kali Semongol, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, akan terkena proyek normalisasi kali serta jalan inspeksi. Bangunan yang akan terkena berada di RW 02, 03, 011, 013, 015.

Rencananya bangunan rumah yang didominasi bangunan gubuk, semi permanen itu akan dibongkar dan ditertibkan pada 28 Oktober mendatang.

Tetapi ternyata batal, lantaran belum adanya tempat relokasi yang dapat menampung warga bongkaran. (Wahyu Tri Laksono)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved