Pelantikan Jokowi dan JK

Pertemuan Prabowo-Jokowi Tunjukkan Sikap Kenegarawanan

Kemampuan Jokowi memecahkan kebekuan politik dengan mendatangi Prabowo patut diapresiasi, kata pengamat politik

Editor: Andy Pribadi
Kompasiana.com
Prabowo Subianto dan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). 

WARTA KOTA, PURWOKERTO - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan sikap kenegarawanan, kata pengamat politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Ahmad Sabiq.

"Kemampuan Jokowi memecahkan kebekuan politik dengan mendatangi Prabowo patut diapresiasi," katanya, di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat.

Sabiq mengatakan hal itu terkait pertemuan Prabowo dan Jokowi di kediaman almarhum ayah Prabowo di Rumah Kertanegara Nomor IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat pagi.

Menurut dia, kemauan Prabowo untuk menerima Jokowi serta menyampaikan selamat juga harus dihargai.

"Ini hal bersejarah. Mereka bukan sekadar politikus namun juga negarawan yang menempatkan persatuan bangsa sebagai hal yang utama," katanya.

Ia mengatakan bahwa di era sebelumnya, pemenang dan pihak yang kalah dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres), ada yang sampai saat ini tidak bisa akur.

Dalam hal ini, dia mencontohkan Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono yang sampai sekarang belum bisa ketemu.

Lebih lanjut, Sabiq mengatakan bahwa pertemuan Prabowo dan Jokowi merupakan sebuah perkembangan yang sangat positif dalam perpolitikan di Indonesia.

"Intinya, semuanya harus menjalankan fungsinya dengan baik. Artinya, yang di pemerintahan juga menjalankan amanat rakyat dengan sebaik-baiknya, kemudian yang di kubu berseberangan bertugas untuk mengawasi," katanya. (Antara)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved