Breaking News:

Piala Asia

Prediksi Permainan Timnas U-19 Indonesia Vs Uzbekistan

Timnas U-19 akan melakoni laga perdana Piala Asia U-19 melawan Uzbekistan yang cukup berpengalaman di Piala Asia sore ini.

Editor: Suprapto
Ferril Dennys
Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, dan pelatih Uzbekistan U-19, Ravhsan Kyarmanov, memberikan keterangan pers di Hotel Yangon, Kamis (9/10/2014). 

WARTA KOTA, YANGON- Tim Nasional Indonesia U-19 akan melakoni laga perdana Piala Asia U-19 yang cukup sulit. Garuda Jaya harus bekerja ekstra keras demi menjungkalkan Uzbekistan di Stadion Thwunna, Yangon, Jumat (10/10/2014) sore.

Tim berjuluk Serigala Putih tersebut cukup berpengalaman di kancah Piala Asia U-19. Mereka tiga kali menjadi semifinalis pada 2002, 2008, dan 2012. Pada 2012, Uzbekistan yang segrup dengan Yordania, Korea Utara, dan Vietnam, melangkah mulus ke semifinal.

Saat itu, tim besutan Musaev Akhmadjan gagal ke final setelah takluk 1-3 dari Korea Utara. Pencapaian tersebut sudah cukup membawa Uzbekistan ke Piala Dunia U-20 yang digelar di Turki pada 2013. Mereka berhasil melaju ke babak perempat final, sebelum dikalahkan Perancis, yang akhirnya keluar sebagai juara.

Pelatih Ravshaan Khaydarov mengusung misi yang sama yakni lolos ke semifinal demi merebut satu tiket ke Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.

Karena itu, Khaydarov lebih banyak mengandalkan pemain yang sebelumnya membawa Uzbekistan menjuarai Piala Asia U-16 2012. Diantaranya, Komilov Akramjon (bek kiri), Sokhibov Javokhir (gelandang), dan Shukurov Otabek (penyerang).

"Tentunya memenangi Piala Asia U-16 memberikan kami dorongan. Kami mendapatkan banyak pengalaman dari itu tetapi kami memperbarui skuad kami. Namun, tujuan kami tetap sama," kata Khaydarov.

"Kami memiliki tiga tujuan: lolos dari grup, lolos ke Piala Dunia, dan memenangkan kompetisi. Kami datang ke sini untuk juara demi suporter di negara kami," sambungnya.

Meski begitu, Khaydarov tak ingin memikirkan target tersebut. Menurutnya, tim harus fokus pada setiap pertandingannya untuk mewujudkan misinya.

"Mereka memiliki kecepatan. Jika menjalani instruksi pelatih, tim mana pun akan menang. Itu hal utama dalam sepak bola," tuturnya.

Tak seperti Khaydarov, Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, tak mau sesumbar. Indra hanya bersyukur timnya kembali tampil di Piala Asia U-19 setelah absen sejak 2004.

Kami cukup lama absen di turnamen ini. Namun, kompetisi ini bukan soal menang atau kalah. Ini soal bagaimana generasi kami tampil di level ini," tutur Indra.

Namun, Indra mengaku, dengan persiapan yang cukup panjang, timnya bisa "berbicara" di Piala Asia U-19. Tim ini dipersiapakan kurang lebih satu tahun. Mereka melakoni uji coba nusantara, Timur Tengah, dan Spanyol. (Ferril Dennys)

Prakiraan susunan pemain
Uzbekistan (4-4-2):Sarvar;Tursunov, Abdusalimov, Davlatov, Kasimov;Sokhibov, Azimov, Giyosov, Komilov;Urinboev, Shukurov
Pelatih: Ravshaan Khaydarov

Indonesia (4-3-3): Ravi; Putu Gede, Hansamu Yama, Sahrul Kurniawan, Fatcurohman; Paulo Sitanggang, Evan Dimas, Hargianto, Maldini Pali, Muchlis Hadi Ning, Ilham Udin
Pelatih: Indra Sjafri

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved