Breaking News:

Kualifikasi Piala Eropa 2016

Inilah Pembuktian Diego Costa

Spanyol melawat ke Slovakia pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 grup C, Jumat (10/10) dini hari WIB

Penulis: | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Foto-foto AFP; Grafis: Galih
Preview laga Slovakia vs Spanyol, Jumat (10/10) dini hari WIB. 

WARTA KOTA, ZILINA - Diego Costa tengah gemilang bersama klubnya Chelsea di Liga Inggris dan Liga Champions. Namun, produktivitasnya meleleh seketika bersama timnas Spanyol. Kesempatan untuk membuktikan diri datang saat Spanyol melawat ke Slovakia, pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 grup C, Jumat (10/10) dini hari WIB.

"Di depan Diego ada tantangan besar yaitu membuktikan bahwa kami tepat untuk tetap menyertakannya di dalam tim. Bisa saja kami salah tetapi itu kadang terjadi di sepak bola. Tetapi saya memiliki kepercayaan bahwa dia segera menemukan performa terbaiknya," kata pelatih Spanyol, Vicente del Bosque dilansir Reuters, Rabu (8/10).

Rekam jejak Costa bersama klub memang terbilang istimewa. Musim lalu, penyerang 26 tahun itu membantu Atletico Madrid menjuarai Liga Spanyol dengan torehan 36 gol di pelbagai kompetisi.

Moncernya Costa membuat pelatih Chelsea, Jose Mourinho kepincut. Adaptasi di tahun pertamanya bersama Chelsea pun cukup mengesankan. Sejauh ini ia mengemas sembilan gol dari sembilan pertandingan.

Namun, ketajaman membobol gawang lawan runtuh begitu masuk ke level timnas. Situasi yang ia hadapi sangat berbeda. Ia seperti kehilangan ruh untuk melewati pertahanan berlapis lawan. Costa mejan.

Paling kentara adalah sewaktu Costa diandalkan Spanyol pada Piala Dunia Brasil, Juni-Juli lalu. Costa gagal membuat sang juara bertahan bersinar. Ia bahkan menjadi kambing hitam kegagalan tim melewati fase grup.

Hingga sekarang yakni lima pertandingan, ia belum sekalipun mencetak gol bagi timnas. Menarik ditunggu bagaimana keputusan del Bosque untuk meramu komposisi lini serang.

Ambisi Slovakia
Dari kubu Slovakia, mereka ingin meneruskan momentum positif. Sejak dilatih Jan Kozak, Juli 2013, Slovakia hanya menelan tiga kekalahan dalam 11 pertandingan. Lima kemenangan diantaranya terjadi pada enam laga terakhir.

Slovakia diprediksi bakal menjadi batu sandungan untuk Spanyol menyusul kemenangan 1-0 atas Ukraina. "Kami tidak akan hanya berdiri dan menunggu para pemain Spanyol. Kami bisa menyaingi mereka dan membuat sesuatu yang akan menyulitkan," kata penyerang Robert Mak. (eko)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved