Besok Demo Buruh, Polisi Kerahkan Ribuan Personil

Polda Metro Jaya menyiapkan ribuan personil untuk menghadapi aksi unjuk rasa dari kalangan buruh Kamis (2/10)

Besok Demo Buruh, Polisi Kerahkan Ribuan Personil
Kompas.com
Ilustrasi polisi siaga. 

WARTA KOTA, SEMANGGI - Polda Metro Jaya menyiapkan ribuan personil untuk menghadapi aksi unjuk rasa dari kalangan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Kamis (2/10) besok.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, rencananya unjuk rasa diperkarakan mengerahkan massa antara 5.000 sampai 50.000 orang.

“Secara resmi memang belum ada angka pasti jumlah demonstran, namun berapapun massanya, kami siap. Kita akan kerahkan personil pengamanan sesuai eskalasi banyaknya demonstran,” ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (1/10/2014).

Dikatakannya, petugas juga berkoordinasi dengan korlap aksi unjuk rasa untuk mengimbau anggotanya untuk tidak membawa senjata tajam dan benda berharga lainnya untuk berunjuk rasa ke Bundaran HI dan Istana.

Sebelumnya, Presiden KSPI Said Iqbal mengklaim akan mengerahkan 50.000 buruh ke Jakarta besok. Massa buruh direncanakan kumpul pada pukul 10.00 dan akan melakukan aksi long march menuju Istana.

Pada siang hari peserta aksi juga akan bergerak ke kantor Gubernur, DPR RI, kemenakertrans, dan ada sebagian massa yang akan bergerak ke kantor pusat PT freeport menuntut pemerintah menghentikan penambangan di freeport dan menangkap presdir freeport dengan meninggalnya pekerja.

Dalam aksi tersebut, KSPI akan menyuarakan tuntutan penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), meminta menaikan upah minimum sebanyak 30 persen dan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebanyak 84 item, benefit jaminan pensiun buruh sebanyak 75 persen dari upah terakhir, Jaminan Kesehatan (jamkes) gratis untuk seluruh rakyat, serta meminta untuk hapuskan outsourcing termasuk di BUMN.

Aksi ini juga direncanakan dilakukan buruh lainnya di kantor Gubernur seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Batam, Aceh, Sumatra Utara, Lampung, Kalimantan Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan lainnya.

Penulis: Ahmad Sabran
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved