Masih Dievaluasi, Peleburan Hansip dengan Satpol PP DKI

Saefullah mengaku sedang mengevaluasi apakah Hansip pantas untuk dilebur

Masih Dievaluasi, Peleburan Hansip dengan Satpol PP DKI
Tribunnews.com
Ilustrasi Satpol PP gelar upacara. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengkaji rencana peleburan Pertahanan Sipil (Hansip) dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP DKI Jakarta. Hal ini dilakukan menyusul rencana Presiden Republik Indonesia (RI), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mencabut Keputusan Presiden Nomor 55/1972 tentang penyempurnaan Organisasi Pertahanan Sipil (Hansip) dan Keamanan Rakyat (Kamra).

 

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah mengaku sedang mengevaluasi apakah Hansip pantas untuk dilebur dengan Satpol PP DKI. Menurutnya, kajian itu terdiri dari umur dan tenaga Hansip. Sehingga, apakah mereka bisa mampu membantu pekerjaan Satpol PP dalam menegakan Peraturan Daerah (Perda) nomor 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum.

 

"Nanti kita evfaluasi dululah. Nanti satpol seperti apa? kan mereka tidak bisa langsung ke Satpol PP. Nanti hansip ini kita lihat usianya berapa? Kalau sudah lima puluh lebih bagaimana ? Mungkin bisa diberdayakan ditengah masyarakat," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (21/9).

 

Dia menjelaskan bahwa untuk menjadi Satpol PP mempunyai kriteria khusus. Sehingga, tidak semua hansip bisa dengan mudah masuk ke dalam Satpol PP. Walaupun, fungsi hansip terkait keamanan di masyarakat hampir sama dengan Satpol PP.

 

"Satpol PP kaan ada kriterinya , ada usia , tingkat keterampilan, tingkat pendidikan. Saat ini kita kan ga tau hansip seperti apa? ada yang berbekal ijazah SD, kita kan ga tau , dulu banyak yang seperti itu," ucapnya.

 

Menurut Mantan Wali Kota Jakarta Pusat menambahkan fungsi hansip dan Satpol PP DKI berbeda. Pasalnya, untuk fungsi utama Satpol PP DKI adalah menegakan Peraturan Daerah. Sementara hansip mempunyai peranan sebagai penegak ketertiban dan keamanan.

 

"Kita liat dulu, kita pelajari dulu, fungsinya kan banyak , tugasnya menegakan perda. Perda wajib ditegakkan Satpol PP. Sementara hansip lebih pada menegakaan ketertiban dank keamanan," ucapnya.

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved