Rupiah Selasa Sore Perkasa Jadi Rp 11.960

Rupiah mengalami penguatan karena pengaruh pertemuan Komite Pasar Terbuka The Fed yang diekspektasikan menaikan suku bunga AS

Rupiah Selasa Sore Perkasa Jadi Rp 11.960
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore menguat sebesar 11 poin menjadi Rp11.960 dibandingkan posisi sebelumnya Rp11.971 per dolar AS.

"Rupiah mengalami penguatan pada hari ini (16/9) namun cenderung terbatas karena pengaruh pertemuan Komite Pasar Terbuka The Fed (FOMC) yang diekspektasikan menaikan suku bunga AS lebih cepat," ujar Pengamat Pasar Uang dari Bank Himpunan Saudara Rully Nova di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa kenaikan suku bunga AS (Fed rate) memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap pasar di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

"Kenaikan Fed rate itu menyangkut pasar keuangan global, investor bisa mengalihkan dananya ke AS karena faktor Fed rate," ucapnya.

Kendati demikian, menurut dia, tren pelemahan rupiah terhadap dolar AS saat ini masih bersifat sementara, faktor susunan kementerian pemerintahan baru dapat menopang nilai tukar domestik untuk kembali masuk ke dalam tren penguatan.

"Susunan kabinet diharapkan sesuai dengan ekspektasi pasar sehingga menumbuhkan kepercayaan pelaku pasar terhadap ekonomi Indonesia," katanya.

Jika pasar menilai positif terhadap susunan kabinet, ia memperkirakan bahwa nilai tukar rupiah dapat kembali ke level Rp11.600-Rp11.700 per dolar AS.

Sementara itu kurs tengah Bank Indonesia pada hari Selasa ini (16/9), tercatat mata uang rupiah bergerak melemah menjadi Rp11.903 dibandingkan posisi sebelumnya (Senin, 15/9) di posisi Rp11.875 per dolar AS. (Antara)

Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved