PSSI Gulirkan Piala Soeratin

Peluncuran trofi sekaligus duta Piala Soeratin rencananya berlangsung, Minggu (7/9), di Pintu Merah Stadion Utama Gelora Bung Karno

Penulis: | Editor: Andy Pribadi
Kompasiana.com
Logo PSSI. 

WARTA KOTA, PALMERAH - PSSI kembali menggelar turnamen sepak bola Piala Soeratin. Bergulirnya turnamen bagi pesepakbola berusia 18 tahun ke bawah itu ditandai dengan peluncuran trofi sekaligus duta Piala Soeratin yang rencananya berlangsung, Minggu (7/9), di Pintu Merah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan-Jakarta Pusat.

Pada gelaran tahun ini, Piala Soeratin akan berlangsung pada September-Desember. Piala Soeratin bukan kompetisi baru di belantara sepak bola Indonesia. Digelar pertama pada 1965 atau 35 tahun setelah PSSI berdiri, Piala Soeratin berjalan konsisten sebelum terhenti sejak pergelaran 2012 yang dijuarai PSDS Deli Serdang.

"Sistem kompetisi Piala Soeratin kini lebih komprehensif. Sebut saja soal batasan usia kontestan. Jika sebelumnya di bawah 18, ke depan untuk pesepak bola di bawah 17 tahun," kata Tommy 'Towel' Welly, Manajer Umum Pengembangan Sepak Bola PSSI.

Skema kompetisi pun bertahap. Dimulai di tingkat provinsi, regional hingga nasional. Jumlah klub kontestan di tingkat provinsi tak sama. Bergantung kesiapan dan jumlah anggota setiap Asosiasi Provinsi PSSI. Dengan begitu, kuota klub yang lolos ke tingkat regional tak sama. Tingkat regional dibagi 2 tahap yang melibatkan 64 klub. Lewat sistem knock-out kandang dan tandang, 32 klub melaju ke tahap II, di tahap ini, akan tersaring sebanyak 16 klub.

Mereka kemudian bersaing di tingkat nasional yang dibagi menjadi 4 grup. Juara dan runner-up masing-masing grup berhak melenggang ke babak delapan besar yang menggunakan sistem gugur. Demi menghidupkan kembali gairah berkompetisi, PSSI siap menggaungkan kembali gereget Piala Soeratin, salah satunya dengan menggelar kegiatan tur trofi dan penunjukan duta Piala Soeratin. (eko)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved