Presiden dan Wapres Terpilih

Jokowi Akan Lakukan Pergerakan Cepat Transisi Pemerintahan Baru

Artinya setelah ini, mestinya kita siapkan lebih cepet untuk proses transisi pemerintahan baru nantinya

Jokowi Akan Lakukan Pergerakan Cepat Transisi Pemerintahan Baru
Warta Kota/henry lopulalan
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva sedang mempembacakan putusan sengketa Pemilihan Presiden di gendung MK, jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (21/8/2014). Hakim MK membacakan hasil sidang pleno setelah delapan kali proses sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), dengan pemohon pasangan capres Prabowo-Hatta dan pihak termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas hasil penetapan Pilpres yang memenangkan Pasangan Joko Widodo - Jusuf Kalla. 

WARTA KOTA, BALAIKOTA - Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) akhirnya keluar dari tempat kerjanya di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/8) sekitar pukul 18.00. Dengan penuh menyebar senyum Jokowi mengaku siap mempercepat proses transisi pemerintahan yang baru.

Dengan pakaian kebanggannya yaitu kemeja berwarna putih dan celana bahan berwarna hitam dia menyapa wartawan. Hal ini setelah dia melakukan rapat dengan beberapa pihak dan bertemu dengan tamu. Menurutnya, hasil dari Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan proses dari Pemilihan Umum Presiden 2014 ini.

"Artinya setelah ini, mestinya kita siapkan lebih cepet untuk proses transisi pemerintahan baru nantinya," kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/8).

Menurutnya setelah hasil MK telah diumumkan maka ada Pantia Khusus (Pansus) dalam melakukan koalisi pembentukan kabinet. Jokowi mengaku itu adalah suatu hal yang lumrah dalam proses demokrasi.

"Yang namanya proses pilpres sudah selesai di MK. Kalau pansus ya enggak ada masalah. Ada proses politik di situ biasa lah," ucapnya.

Calon Wakil Presiden nomor urut dua, Jusuf Kalla mengaku optimis kalau MK akan memberikan putusan yang menguntungkan. Namun, Jokowi enggan memberikan statement tentang keamanan dalam Pilpres 2014 ini. Dia hanya menginsyaratkan dengan angin yang berhembus di Balai Kota DKI Jakarta. "Ya tadi siang kan angin-anginnya udah sepoi-sepoi," ucapnya.

Untuk koalisi dengan Partai Demokrat, kata mantan Wali Kota Surakarta itu masih dalam proses. Dalam waktu dekat ini akan dilakukan proses pertemuan untuk membahas koalisi.

"Masih proses. Minggu ini moga2 pertemuan lagi. Nanti kalo rampung sy sampaikan," kata dia.

Menurutnya pihaknya akan membuka secara lebar-lebar koalisi dalam pemerintahan republik Indonesia kedepan. Sehingga, dia akan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dalam waktu dekat.

"(bertemu SBY-red) Ya kalau ini rampung tentu saja kita bisa segera bertemu dengan terbuka," tuturnya.

Tags
Jokowi-JK
Penulis:
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved