Liga Champions

Inilah Kesempatan Lille Unjuk Gigi

Menjamu Porto, Girard ingin anak asuhnya memperbaiki performa.

Inilah Kesempatan Lille Unjuk Gigi
Warta Kota/Foto-foto AFP; Grafis: Agus Rijanto
Preview laga Lille vs Porto di Stadion Pierre-Mauroy, Kamis (21/8) dini hari WIB. 

WARTA KOTA, VILLENEUVE - Pelatih Lille Rene Girard menyebut timnya beruntung saat menjalani pertandingan kedua di Liga Perancis, akhir pekan lalu. Meski menang 1-0 atas Caen, Lille tampil pas-pasan.

Girard tidak ingin performa serupa terulang saat menjamu wakil Portugal, Porto, pada laga pertama play-off Liga Champions 2014-15 di Stadion Pierre-Mauroy, Kamis (21/8) dini hari WIB.

Menjamu Porto, Girard ingin anak asuhnya memperbaiki performa. Angin segar berhembus karena ia bisa menurunkan kekuatan penuh. Tidak ada pemain yang mengalami cedera.

Girard mungkin kembali menurunkan skema 4-3-1-2 yang dipasang melawan Caen. Untuk pos playmaker, Girard kemungkinan besar memasang Marvin Marvin meski sang pemain tidak bermain maksimal di dua laga kompetisi domestik. Sebagai pendamping Marvin, pilihan jatuh kepada Rio Mavuba, pemain yang bakal mengemas penampilan ke-50 di kompetisi Eropa.

"Awal musim memang selalu menyulitkan. Saya tidak perlu khawatir. Sekarang, kami harus memandang ke depan karena laga berikutnya (lawan Porto) akan sangat penting," tegas pelatih yang sukses membawa Montpellier juara Liga Perancis musim 2011-12 itu.

Rekor positif
Ambisi Lille berpotensi menemui batu sandungan jika berkaca pada rekor pertemuan mereka melawan klub asal Portugal. Berdasarkan statistik di www.uefa.com, tim yang musim lalu finis di urutan tiga Liga Perancis itu hanya sekali menang dalam enam pertandingan menghadapi wakil Portugal (menang 1, imbang 2, kalah 3).

Sedangkan Porto dinaungi rekor positif. Dari 25 laga meladeni tim-tim Perancis, tim yang kini dilatih Julen Lopetgui itu mengemas 12 kemenangan, tujuh kali imbang, serta enam kali kalah.

Yang paling dikenang dalam sejarah adalah kemenangan 3-0 atas Monaco di final Liga Champions 2003/04. Saat itu, Porto dibesut Jose Mourinho, pelatih yang kembali menukangi Chelsea di Liga Inggris.

Porto semakin percaya diri berbekal kemenangan 2-0 atas Maritimo pada laga pembuka Liga Primer Portugal, Sabtu (16/8). Hanya saja, Lopetgui menyebut timnya masih lemah dalam hal memanfaatkan peluang. "Kami hanya mencetak dua gol dari 22 tendangan (ke gawang Maritimo). Harusnya bisa lebih," ujar pelatih asal Spanyol itu. (eko)

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved