Breaking News:

BKSDA Gagalkan Penjualan Hewan Langka

BKSDA Jawa Barat berhasil menggagalkan penjualan Surili, hewan langka yang akan diperjualbelikan, Senin (18/8/2014) malam.

Warta Kota/Soewidia Henaldi
Hewan langka Surili yang tadinya akan diperjualbelikan. 

WARTA KOTA, BOGOR - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat berhasil menggagalkan penjualan Surili, hewan langka yang akan diperjualbelikan, Senin (18/8/2014) malam.

Hewan langka yang spesiesnya hanya ada di Jawa Barat itu akan dijual melalui jejaring sosial oleh salah seorang warga berinisial TP (26), warga Cilendek, Bogor Barat, Kota Bogor.

"Hewan Surili ini akan dijual oleh pelaku dan ditawarkan melalui online dengan harga Rp 1,5 juta satu ekor. Padahal hewan langka ini tidak ternilai harganya," ujar Nano Winarno, Polisi Hutan wilayah I BKSDA Jawa Barat, Selasa (19/8/2014)

Nano mengatakan, pelaku menawarkan Surili secara online dan memajang foto hewan tersebut. Petugas BKSDA yang mengetahui hal itu, langsung melakukan transaksi dengan TP.

"Petugas kami langsung melakukan transaksi dengan pemilik dan akhirnya bertemu di daerah Babakanmadang," katanya.

Pelaku membawa hewan Surili yang akan dijadikan maskot Pekan Olah Raga Nasional (PON). Jawa Barat menggunakan kandang.

"Petugas kami pun langsung menangkap pelaku dan menyita barang bukti Surili," ujarnya.

Berdasarkan keterangan pelaku, hewan langka mirip dengan Owa Jawa diperoleh dari temanya. "Kami masih menyelidiki asal-usul hewan tersebut didapat dari mana, " kata Nano.

Dia mengatakan, saat ini hewan langka ini hanya hidup di kawasan Taman Nasional Gede-Pangrango, Tasikmalaya, Gunung Tiwung, dan beberapa daerah di Jawa Barat lainnya.

" Akibat perbuatannya, pelaku melanggar Undang-undang nomor 5 Pasal 21 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem dengan ancaman penjara 5 tahun atau denda 100juta, " katanya.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved